Usai Hujan Deras, Tol Dalkot Arah Cawang Macet Sore Ini

ADVERTISEMENT

Usai Hujan Deras, Tol Dalkot Arah Cawang Macet Sore Ini

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 07 Okt 2022 16:57 WIB
Kemacetan di Tol Dalam Kota arah Cawang, Jumat (7/10/2022) pukul 16.50 WIB.
Kemacetan di Tol Dalam Kota arah Cawang, Jumat (7/10/2022), pukul 16.50 WIB. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Hujan yang mengguyur Jakarta sejak siang tadi mengakibatkan kemacetan di sejumlah ruas jalan. Salah satunya terjadi di Tol Dalam Kota arah Cawang.

Kemacetan terjadi sejak Km 10 arah Cawang. Mobil hanya bisa melintas di kecepatan 30-40 km/jam.

"Bisa jalan kendaraannya, (kecepatan) di Km 30-40," kata Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Sutikno saat dihubungi, sekitar pukul 16.40 WIB, Jumat (7/10/2022).

Sutikno mengatakan kemacetan sore ini masih relatif wajar. Pasalnya, kondisi hujan membuat pengendara memperlambat laju kendaraannya.

"Pertama kan ini karena hujan gerimis, kedua jalan masih licin jadi pengendara mobil ini pasti mengurangi kecepatan. Tapi masih ngalir," jelas Sutikno.

Selain itu, faktor akhir pekan membuat volume kendaraan meningkat sore ini. Para pengendara banyak yang pulang kantor lebih awal agar bisa pulang ke rumah.

"Ini kan hari Jumat besok long weekend biasanya para pekerja pulang bareng-bareng untuk cepat sampai rumah. Ini masih mengalir," tutur Sutikno.

Faktor lainnya yang mempengaruhi kemacetan sore ini perihal banyaknya pengendara yang memilih masuk tol untuk menghindari kemacetan di jalur arteri.

"Yang jelas dari depan Ladogi itu arah timur ada kepadatan. Kan ada gerbang tol banyak di situ. Gerbang Tol Semanggi 1 orang masuk semua, Gerbang Tol Semanggi 2 juga dari arteri masuk di tol. Orang berusaha masuk tol karena hindari kemacetan di arteri," ucap Sutikno.

Sutikno mengatakan hingga sore ini kepadatan lalu lintas masih berlangsung. Kemacetan terjadi mulai di Km 10.

"Dari Km 10 sampai Km 5 macet sih nggak, masih ngalir," pungkas Sutikno.

(mea/hri)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT