ADVERTISEMENT

Pengacara Ungkap Kabinda Papua Temui Lukas Enembe Bawa Pesan Firli

Andi Nur Isman - detikNews
Jumat, 07 Okt 2022 12:58 WIB
Ketua tim hukum Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona
Ketua tim hukum Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona (pakai peci). (Andi Nur Isman/detikcom)
Jayapura -

Tim pengacara menyebut Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Mayjen TNI Gustav Agus Irianto menemui Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura. Gustav disebut menjadi perantara KPK untuk berkomunikasi dengan Gubernur Papua Lukas Enembe.

"Kami ke sana menemani Bapak Gustav Agus Irianto, Kepala BIN di Papua. Beliau telah menghubungi kami kemarin untuk bersama menemui Bapak Lukas," kata ketua tim hukum Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona, kepada wartawan di Jayapura, Papua, seperti dilansir detikSulsel, Kamis (6/10/2022).

Pertemuan itu berlangsung di kediaman Lukas Enembe di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Jayapura, Papua, Rabu (6/10) siang. Pertemuan ini menjembatani komunikasi Ketua KPK Firli Bahuri dengan Lukas Enembe terkait perkara dugaan suap dan gratifikasi APBD Provinsi Papua.

"Misi yang dibawa menyampaikan pesan atau keinginan dari KPK. Karena Bapak Gustav sudah melakukan komunikasi dengan Bapak Firli. Ada pesan dari KPK supaya Bapak Lukas bisa ke Jakarta untuk mengikuti pemeriksaan," terangnya.

Petrus menuturkan Gustav telah melihat langsung kondisi Lukas Enembe yang tidak memungkinkan untuk diperiksa KPK. Dia juga telah mendengarkan langsung keinginan Lukas Enembe terkait perkara yang menjeratnya.

"Bapak Lukas mengatakan beliau tidak mau ke Jakarta dengan alasan kesehatan. Beliau ngotot kalau yang dituduhkan Rp 1 miliar itu tidak benar," tutur Petrus.

Baca selengkapnya di sini

(idh/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT