Kemendagri Serahkan 3 Nama Calon Pj Gubernur DKI ke Jokowi

ADVERTISEMENT

Kemendagri Serahkan 3 Nama Calon Pj Gubernur DKI ke Jokowi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 07 Okt 2022 10:53 WIB
Sejumlah nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta semakin menguat jelang Anies Baswedan purnatugas. 

Tiga nama dimaksud, yakni Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali, dan Dirjen Politik dan Pemerintah Umum (Polpul) Kemendagri Bahtiar.
3 Calon Pj Gubernur DKI (Foto: Dok. Detikcom)
Jakarta -

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyerahkan tiga nama calon Pj Gubernur DKI ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nama-nama itu diserahkan setelah Kemendagri melakukan pembahasan awal.

"Setelah kita menunggu masukan dari kementerian dan lembaga, dan waktunya juga sudah dekat dan tidak ada masukan yang lain dan setelah hasil pembahasan awal di internal Kementerian Dalam Negeri bersama dengan eselon I dari kementerian/lembaga lainnya," kata Kapuspen Kemendagri Benny Irwan saat dihubungi detikcom, Jumat (7/10/2022).

Usulan nama itu diserahkan ke Kemendagri melalui Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet pada Selasa lalu. Adapun nama-nama yang diusulkan masih sama dengan nama yang diusulkan DPRD DKI.

"Namanya tetap tiga itu, karena kita melihat itu sudah cukup representatif," ujar Benny.

Sebagaimana diketahui, ada tiga nama yang diusulkan DPRD DKI Jakarta ke Kemendagri untuk menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta. Mereka adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali, serta Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar.

Nama ketiganya disetujui dalam Rapimgab DPRD DKI yang digelar pada Selasa (13/9). DPRD DKI pun kemudian menyerahkan usulan nama-nama itu ke Kemendagri pada Rabu (15/9). Kemendagri kemudian melakukan verifikasi terhadap ketiga nama kandidat Pj Gubernur usulan DPRD DKI tersebut.

Setelah itu, nama-nama calon Pj Gubernur DKI akan dibahas dalam sidang TPA. Sidang TPA akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama lembaga terkait. Selanjutnya, Jokowi-lah yang akan menentukan siapa yang akan duduk menjabat di kursi nomor satu DKI.

Simak juga Video: Survei Trust Indonesia soal Plt Gubernur DKI: Kepuasan Bahtiar 76,2%

[Gambas:Video 20detik]



(knv/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT