BPBD DKI: 10 Ruas Jalan Jakarta yang Terendam Banjir Telah Surut

ADVERTISEMENT

BPBD DKI: 10 Ruas Jalan Jakarta yang Terendam Banjir Telah Surut

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 23:51 WIB
Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir, pengalihan arus akibat banjir, awas banjir
Foto ilustrasi jalan tertutup akibat banjir. (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Banjir yang merendam sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta mulai surut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 10 dari 17 jalan yang sebelumnya kebanjiran kini telah surut.

"Pasca-hujan lebat yang melanda Jakarta pada Kamis (6/10) sore, BPBD DKI mencatat sejumlah titik yang sebelumnya tergenang saat ini sudah surut," kata Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangan tertulis, Kamis (6/10/2022).

Isnawa menyampaikan ini berdasarkan data yang diterima Kamis (6/10) per pukul 21.00 WIB. Selain ruas jalan, dua RT yang terdapat di Pondok Pinang dan Gandaria Selatan mulai surut.

"Hal ini berkat upaya kolaboratif yang dilakukan oleh OPD terkait seperti BPBD, Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, Dinas Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Tamhut, dan PPSU Kelurahan," jelasnya.

Isnawa menuturkan tim gabungan bergerak menyedot air menggunakan pompa mobile serta memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. Peran dari unsur masyarakat juga dilibatkan dalam upaya ini seperti pihak RT/RW, FKDM, dan tokoh masyarakat lain.

Adapun daftar jalan tergenang yang telah surut sebagai berikut:

1. Jalan TB Simatupang, Cilandak Barat, Cilandak (JGC Indonesia)

2. Jalan Intan, Cilandak Barat, Cilandak

3. Jalan TB Simatupang, Kebagusan, Pasar Minggu (Hotel Aston)

4. Jalan Pramuka Raya, Rawasari, Cempaka Putih

5. Jalan Pisangan Lama, Pulo Gadung, Pisangan Timur

6. Jalan H. Matasan, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

7. Jalan Baung Raya, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

8. Musholla Nurul Amal, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

9. Perum. Nuansa 99, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

10. Jalan Kebagusan II Masjid Al Itihad, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

BPBD DKI juga mengimbau masyarakat tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Merujuk, informasi yang dirilis oleh BMKG, potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat masih akan terjadi hingga 8 Oktober 2022.

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop, tandasnya.

Sebelumnya, Jumlah titik banjir di DKI Jakarta sampat mencapai 41 RT dan 17 ruas jalan. BPBD DKI Jakarta mencatat sebanyak 270 jiwa terdampak banjir mengungsi.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 7 ruas jalan dan 5 RT, saat ini menjadi 17 ruas jalan dan 41 RT atau hanya 0,135% dari 30.470 RT yang ada di Jakarta," kata Isnawa Adji dalam keterangannya, Kamis (6/10/2022).

Ini merupakan data 6 Oktober 2022 per pukul 18.00 WIB. Sedangkan total 270 pengungsi berasal dari 68 keluarga mengungsi di Masjid Al Mustaghfirin RT 012 RW 005, Kalibata, Jakarta Selatan.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT