ADVERTISEMENT

Mahfud Md: Kapolri Umumkan Tersangka Tragedi Kanjuruhan Malam Ini

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 18:49 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Menko Polhukam Mahfud Md (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menko Polhukam, Mahfud Md, mengatakan bahwa Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan mengumumkan tersangka dalam Tragedi Kanjuruhan malam ini. Selain itu, akan diumumkan terduga pelanggaran etik dalam tragedi yang menewaskan 131 orang itu.

"Insyaallah, malam ini Kapolri akan mengumumkan tersangka pelaku tindak pidana dan terduga pelanggaran etik dalam Tragedi Sepak Bola Kanjuruhan Malang," kata Mahfud melalui akun Twitternya, Kamis (6/10/2022).

Mahfud mengatakan pengumuman tersebut akan mempermudah investigasi yang dilakukan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan.

"Pengumuman tersebut akan mempermudah investigasi yang dilakukan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang dibentuk dengan Kepres 19/2022," ungkapnya.

Seperti diketahui, sesuai arahan Presiden Jokowi, pemerintah telah membentuk Tim Pencari Fakta Kanjuruhan. TGIPF Tragedi Kanjuruhan dibentuk untuk melakukan investigasi Tragedi Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa dan korban luka-luka.

Tm Pencari Fakta Kanjuruhan ini dipimpin langsung oleh Menko Polhukam Mahfud Md dan beranggotakan berbagai kementerian hingga lembaga. Hasil penyelidikan Tim Pencari Fakta Kanjuruhan diharapkan rampung dalam dua pekan ke depan.

Temuan Awal TGIPF

Mahfud sebelumnya menyampaikan ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang saat laga Arema FC vs Persebaya akhir pekan lalu. Kondisi Stadion Kanjuruhan menjadi salah satu faktor.

"Banyak faktor, pada temuan awal stadion termasuk faktor yang dicatat turut menjadi penyebab tragedi itu. Faktor-faktor lainnya adalah penyelenggara dan panpelnya, pengendalian keamanan, suporter, regulasi, dan lain-lain," kata Mahfud saat dihubungi detikcom melalui pesan singkat, Kamis (10/6/2022).

Ketua TGIPF Tragedi Kanjuruhan ini menuturkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meneliti serta memperbaiki sarana dan prasarana seluruh stadion di Indonesia agar memenuhi standar internasional. Mahfud mengatakan timnya akan mencari tahu akar permasalahan kerusuhan tersebut.

Simak video '5 Fakta Terbaru Seputar Tragedi Kanjuruhan':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT