ADVERTISEMENT

Kolega Sebut Tiga Kekurangan yang Bikin Luhut Sangat Dipercaya Jokowi

Sudrajat - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 18:36 WIB
Rapat Koordinasi Persiapan KTT G20
Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA)
Jakarta -

Ada banyak julukan yang dialamatkan kepada Luhut B. Panjaitan menyusul begitu banyak tugas yang diberikan Presiden Jokowi kepadanya. Ada yang menyebut Luhut sebagai 'Supermenteri', 'Menteri Segala Urusan', hingga 'Perdana Menteri' atau bahkan 'The Real President'.

Mantan Gubernur Lemhannas Letjen Agus Wijoyo punya analisis menarik kenapa teman seangkatannya semasa di Akabri itu sangat dipercaya Presiden. Dengan mengandalkan Luhut, kata dia, secara politik Presiden merasa aman. Hal itu karena Luhut paling tidak punya tiga 'kekurangan'.

"Dia itu berasal dari militer, orang Batak, dan non-muslim. Jadi, Luhut tidak akan mengancam Jokowi secara politik," kata dia dalam buku 'Luhut' yang ditulis Noorca M. Massardi. Ditambah lagi, menurut Agus Wijoyo, yang kini menjadi Dubes RI di Filipina, Luhut menunjukkan dan sudah membuktikan bahwa 'he is a man of action'.

Kolega lainnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menyebut Luhut sangat loyal kepada Jokowi sehingga amat dipercaya. Soal loyalitas kepada pimpinan, apalagi pemimpin tertinggi, kata dia, itu sudah menjadi tipikal Luhut. Kendati begitu, loyalitasnya tidak membuatnya sungkan untuk mengeluarkan pendapat berbeda. Tapi kalau sudah diputuskan, kendati itu bukan masukan dari Luhut, akan dijalankanya dengan sepenuh hati.

Selain itu, sebagai orang berlatar Kopassus, Luhut sangat fasih dalam meracik kekompakan tim karena dia memiliki leadership yang bagus. Komunikasinya juga bagus sehingga tim menjadi kuat. "Luhut itu sudah selesai dengan hidupnya saat ini," kata Budi.

Bos Adaro Energy Boy Thohir, yang telah mengenal Luhut sejak 1993, sependapat dengan Budi. Luhut, kata dia, menjadi menteri bukan untuk mencari uang atau ketenaran, tapi semata-mata karena pengabdian. Selain itu, dia sangat kompeten di setiap tugas yang diembannya.

"Luhut mampu menguraikan pemikiran yang rumit menjadi lebih sederhana dan menyodorkan solusi lewat tindakan," ujarnya.

Simak juga video 'Luhut Ngobrol dengan Rocky Gerung soal Ambisi Jadi Presiden':

[Gambas:Video 20detik]



(jat/rdp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT