Muhammadiyah Tepis Kabar Liar Resmi Dukung Anies Capres 2024

ADVERTISEMENT

Muhammadiyah Tepis Kabar Liar Resmi Dukung Anies Capres 2024

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 15:01 WIB
Sekjen PP Muhammadiyah, Abdul Muti di Kudus, Minggu (26/5/2019).
Abdul Mu'ti (Akrom Hazami/detikcom)
Jakarta -

Postingan yang menarasikan Muhammadiyah resmi mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024 beredar di media sosial. PP Muhammadiyah menepis mentah-mentah kabar liar tersebut.

Kabar liar Muhammadiyah mendukung Anies di Pilpres 2024 itu salah satunya beredar di Facebook seperti dilihat detikcom, Kamis (6/10/2022). Salah satu akun memposting video yang diedit dan bertulisan 'Muhammadiyah Lamar Anies ke PKS'. Postingan itu juga disertai tulisan yang menyatakan Muhammadiyah resmi mengusung Anies di Pilpres 2024.

Kabar itu ditepis oleh Sekum Muhammadiyah Abdul Mu'ti. Dia menegaskan Muhammadiyah tidak terlibat dalam urusan politik praktis.

"Muhammadiyah tidak terlibat dalam dukung-mendukung calon presiden. Sebagai ormas Islam, Muhammadiyah tidak punya otoritas dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dan dukung-mendukung calon presiden dan wakil presiden," kata Mu'ti lewat akun Twitter-nya.

Mu'ti mengajak Muhammadiyah bersikap cerdas. Dia menyebut video yang menyesatkan itu ditujukan sebagai propaganda politik.

"Warga Muhammadiyah hendaknya bersikap cerdas dan tidak terpengaruh oleh video yang beredar luas melalui medsos bahwa Muhammadiyah memberikan dukungan atas pencalonan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden. Video yang beredar merupakan disinformasi yang dimaksudkan sebagai propaganda politik," ujar Mu'ti.

Mu'ti juga menjelaskan, sesuai konstitusi, lembaga yang berwenang mencalonkan presiden dan wakil presiden adalah partai politik. Selain itu, dia mengatakan proses pemilihan presiden dan wakil presiden masih lama.

"Masyarakat, khususnya warga persyarikatan, hendaknya tetap tenang dan menjaga situasi yang kondusif, kerukunan, dan persatuan," kata Mu'ti.

Simak juga 'Jawaban Anies soal Hubungan dengan Jokowi: Kami Ini Bersahabat':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT