7 Instruksi Jokowi Usai Bertemu Korban dan Tinjau Stadion Kanjuruhan

ADVERTISEMENT

7 Instruksi Jokowi Usai Bertemu Korban dan Tinjau Stadion Kanjuruhan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 10:56 WIB
Presiden Jokowi tinjau Stadion Kanjuruhan, Malang
Jokowi meninjau Stadion Kanjuruhan (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sejumlah instruksi kepada Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) setelah bertemu dengan para korban di RSUD Saiful Anwar dan meninjau Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Jokowi meminta penyebab utama tragedi yang menewaskan seratusan orang itu diusut tuntas.

Kunjungan Jokowi ke RSUD Saiful Anwar dan Stadion Kanjuruhan itu dilakukan pada Rabu (5/10/2022). Jokowi juga mendengarkan keterangan dari korban mengenai tragedi maut pada akhir pekan lalu itu.

"Saya juga berbincang-bincang dengan satu, dua, tiga, empat pasien korban di Stadion Kanjuruhan, untuk mengetahui kurang lebih situasi di malam pertandingan 1 Oktober yang lalu," kata Jokowi di RSUD Saiful Anwar seperti transkrip keterangan pers yang dikutip dari situs Setkab.

Berikut sejumlah instruksi Jokowi usai bertemu para korban dan meninjau Stadion Kanjuruhan:

1. Jokowi Minta Tak Ada yang Ditutupi

Jokowi mengungkap alasan dibentuknya TGIPF. Jokowi meminta tak ada yang ditutup-tutupi terkait Tragedi Kanjuruhan.

"Kenapa dibentuk tim pencari fakta independen? Karena ingin kita usut tuntas, tidak ada yang ditutup-tutupi," kata Jokowi di RSUD Saiful Anwar.

2. Jokowi Minta Pihak Bersalah Disanksi Pidana

Arahan tegas juga disampaikan Jokowi agar para pelaku yang terlibat di Tragedi Kanjuruhan diberi sanksi. Dia ingin para pelaku diproses pidana.

"Yang bersalah diberi sanksi. Kalau masuk ke pidana juga sama, dipidanakan," imbuh Jokowi.

3. Jokowi Minta Audit Total Seluruh Stadion

Selain itu, Jokowi memberikan tugas khusus kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Jokowi memerintahkan semua stadion diaudit total.

"Tetapi yang paling penting juga, saya nanti mau ke stadion. Saya juga akan perintahkan Menteri PUPR untuk mengaudit total seluruh stadion yang dipakai untuk liga, baik Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3, semuanya," ucap Jokowi.

"Apakah gerbangnya sesuai dengan standar, cukup lebar? Apakah gerbangnya ukurannya sesuai dengan standar? Manajemen lapangannya yang memegang kendali siapa? Semuanya. Dari peristiwa ini, kita harus perbaiki semuanya. Manajemen pertandingan, manajemen lapangan, manajemen pengelolaan stadion, semuanya harus kita audit total. Saya tidak ingin peristiwa seperti Kanjuruhan ini terjadi kembali di negara kita," imbuh Jokowi.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya

Simak juga Video: Ayah Korban Tragedi Kanjuruhan saat Bertemu Jokowi: Saya Pingsan

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT