BPBD DKI: Seluruh Genangan di Jakarta Sudah Surut

ADVERTISEMENT

BPBD DKI: Seluruh Genangan di Jakarta Sudah Surut

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 13:38 WIB
Petugas bersihkan sisa banjir di Kemang Raya, Jakarta Selatan
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Banjir akibat hujan lebat sempat melanda puluhan RT di wilayah DKI Jakarta sejak kemarin. Kini seluruh genangan telah surut.

"Pascahujan lebat yang mengguyur Jakarta pada Selasa (4/10) sore, BPBD DKI Jakarta mencatat saat ini genangan sudah surut seluruhnya," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangan tertulis, Rabu (5/10/2022).

Isnawa mengatakan tim gabungan BPBD, Dinas SDA, Dinas Bina Marga hingga PPSU berupaya menyedot banjir serta memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. BPBD DKI mengimbau masyarakat selalu waspada terhadap potensi banjir.

"Berdasarkan informasi yang dirilis oleh BMKG, potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat masih akan terjadi hingga 8 Oktober 2022," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, sampai pukul 06.00 tadi, jumlah titik banjir di DKI Jakarta tersisa sembilan RT. Kendati begitu, sebanyak 361 warga terdampak banjir masih bertahan di pengungsian.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 81 RT, saat ini menjadi sembilan RT atau hanya 0,030 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," demikian keterangan yang disampaikan oleh Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta seperti dilihat, Rabu (5/10/2022). Data ini disampaikan BPBD DKI pada pukul 07.31 WIB.

Titik banjir tersebar di sejumlah wilayah Jakarta, yakni 2 RT di Jakarta Barat, 4 RT di Jakarta Timur, dan 3 RT di Jakarta Pusat.

Simak juga 'Secara Umum Cuaca Hari Ini Hujan, Waspadai Intensitas Lebat di Medan & Yogyakarta!':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT