Sistem Baru TransJakarta, Cek Aturan Wajib 1 Kartu 1 Penumpang

ADVERTISEMENT

Sistem Baru TransJakarta, Cek Aturan Wajib 1 Kartu 1 Penumpang

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 12:24 WIB
Sistem baru TransJakarta sudah diberlakukan untuk para pengguna transportasi busway tersebut. Sistem baru itu berhubungan dengan penggunaan kartu TransJakarta.
Bus TransJakarta (Foto: Getty Images/holgs)
Jakarta -

Sistem baru TransJakarta sudah diberlakukan untuk para pengguna transportasi busway tersebut. Sistem baru itu berhubungan dengan penggunaan kartu sebagai alat pembayaran pengguna TransJakarta.

Lantas, bagaimana sistem baru kartu TransJakarta? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Sistem Baru TransJakarta: 1 Kartu, 1 Penumpang

Setelah diberlakukan aturan baru TransJakarta, kini kartu busway hanya berlaku untuk satu penumpang. Hal ini berbeda dengan sebelumnya di mana satu kartu busway bisa digunakan untuk beramai-ramai. Kini, setiap penumpang TransJakarta diwajibkan untuk tap in dan tap out.

Sistem baru TransJakarta sudah diberlakukan untuk para pengguna transportasi busway tersebut. Sistem baru itu berhubungan dengan penggunaan kartu TransJakarta.Sistem baru TransJakarta diberlakukan untuk para pengguna transportasi busway tersebut. Sistem baru itu berhubungan dengan penggunaan kartu TransJakarta. (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Alur Tap In dan Tap Out Kartu TransJakarta

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Anang Rizkani Noor mengatakan penumpang TransJakarta wajib tap in dan tap out. Jika tidak tap out, maka kartu akan direset dan biaya perjalanan sebelumnya akan dikenakan saat perjalanan berikutnya.

"Apabila pelanggan tidak melakukan tempel kartu baik saat naik/turun, maka konsekuensinya kartu akan terblokir. Pelanggan perlu melakukan atur ulang (reset) dan biaya perjalanan sebelumnya akan dikenakan pada perjalanan berikutnya," kata Anang, dikutip detikcom, Rabu (5/10/2022).

Kartu yang terblokir tetap bisa digunakan kembali. Untuk membuka blokir kartu, kartu pelanggan akan diatur ulang (reset) pada gate yang tersedia di seluruh halte TransJakarta maupun alat tempel kartu (tap on bus) yang ada di seluruh armada Non BRT.

Saldo Minimal Kartu TransJakarta Rp5.000

Seiring dengan ketentuan baru TransJakarta, saldo minimal kartu saat ini ialah Rp 5.000. Jika saldo tidak mencukupi, pelanggan tidak bisa menggunakan layanan Transjakarta kecuali untuk layanan gratis.

"Jadi selalu pastikan pelanggan memiliki saldo minimum sebelum menggunakan layanan Transjakarta dan melakukan tempel kartu saat naik dan turun bus (tap in dan tap out)," ucap Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Anang Rizkani Noor.

PT JakLingko Minta Maaf

Direktur Utama PT JakLingko Kamaluddin meminta maaf atas sistem baru TransJakarta tersebut. Dia menyebut adanya kartu-kartu yang terblokir itu disebabkan oleh penumpang yang tidak tap out di halte TransJakarta.

"Kami mohon maaf apabila ada pengguna yang mengalami masalah di pagi hari," kata Kamaluddin, Selasa (4/10/2022).

"Karena pada perjalanan kemarin belum melakukan tap out, sehingga ketika di pagi hari ini berusaha tap in kemudian kartunya menjadi terblokir, begitu ya," imbuhnya.

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT