Saat Prabowo Tambahi Keterangan Jokowi Jawab Kesejahteraan Prajurit

ADVERTISEMENT

Saat Prabowo Tambahi Keterangan Jokowi Jawab Kesejahteraan Prajurit

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 11:58 WIB
Presiden Jokowi (bicara menggunakan mic)/(Kanavino-detikcom)
Presiden Jokowi (bicara menggunakan mik) (Kanavino/detikcom)
Jakarta -

Ada momen menarik saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab pertanyaan terkait kesejahteraan prajurit TNI. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ikut memberikan keterangan tambahan yang kemudian diulangi Jokowi.

Momen itu terjadi setelah Jokowi menyaksikan defile pasukan dan pawai alutsista di depan halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2022). Jokowi mengawali pernyataannya dengan berbicara tantangan geopolitik di tengah HUT ke-77 TNI. Jokowi ingin prajurit TNI selalu siap dalam menghadapi tantangan dan perubahan apa pun.

Jokowi kemudian ditanya mengenai alutsista yang dipamerkan di depan Istana. Jokowi mengatakan alutsista yang ditampilkan hanya sebagian kecil yang dimiliki TNI.

"Ya ini menunjukkan mungkin karena sebagian kecil dari alutsista yang kita miliki dan yang banyak tadi kan darat, laut sama udaranya kan tidak bisa ditunjukkan," ujar Jokowi.

"Tetapi sekali lagi ini adalah sebagian kecil alutsista yang kita miliki dan kesiapan dalam kita menghadapi ancaman tantangan di dalam perubahan geopolitik global harus betul-betul siap," sambung Jokowi.

Jokowi kemudian ditanya wartawan mengenai kesejahteraan prajurit. Jokowi menceritakan para prajurit yang disapanya tadi tak banyak mengeluh.

"Tadi kan saya tanya tunjangan, cukup. Cukup semua gimana, kan sudah dijawab tadi, nggak ada yang ngeluh, cukup, cukup. Artinya cukup," ujar Jokowi.

Pada momen inilah Prabowo menambahi keterangan Jokowi. Prabowo mengatakan ada prajurit yang menyebut tunjangan lumayan cukup. Pernyataan Prabowo itu diulangi Jokowi.

"Ada yang lumayan," kata Prabowo.

"Ada yang tadi jawab lumayan," ujar Jokowi menambahkan keterangannya.

Dalam sesi tanya jawab bersama wartawan ini, posisi Prabowo berada di sebelah kiri menghadap ke arah wartawan. Posisinya dengan Jokowi hanya dipisahkan oleh Ketua DPR Puan Maharani. Sedangkan di sebelah kanan Jokowi, ada Wapres Ma'ruf Amin.

Simak juga Video: Melihat 'Kemesraan' Prabowo-Megawati di Peringatan HUT ke-77 TNI

[Gambas:Video 20detik]




(knv/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT