Mega Soroti Pertahanan, Jokowi Cerita Pertemuan Rutin dengan Panglima TNI

ADVERTISEMENT

Mega Soroti Pertahanan, Jokowi Cerita Pertemuan Rutin dengan Panglima TNI

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 11:32 WIB
Presiden Jokowi (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengumpulkan tiga matra TNI untuk membahas masa depan pertahanan Indonesia. Jokowi mengatakan telah memanggil Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Yudo Margono, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

"Ya sudah, hari Senin kemarin saya memanggil Panglima TNI bersama Kepala Staf Darat, Laut, Udara," kata Jokowi seusai upacara HUT TNI di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2022).

Jokowi mengaku rutin bertemu dengan para pemimpin TNI. Pertemuan membahas ancaman global yang harus diwaspadai.

"Jadi kita berbicara karena setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, perubahan politik global harus betul-betul kita waspadai," ujar Jokowi.

Pernyataan Megawati soal pertahanan Indonesia itu sebelumnya disampaikan saat memberikan kuliah umum di Seskoal, Selasa (4/10), melalui keterangan tertulis. Megawati mengatakan Indonesia harus membangun kekuatan pertahanannya atas cara pandang geopolitik.

"Negara kita adalah negara archipelago, terdiri dari kepulauan dan laut yang menutupi kita menjadi sebuah perekat dari negeri kita. Saya juga bilang sama Pak Jokowi. Pak Jokowi, sistem pertahanan kita kok istilahnya maju mundur. Siapa yang sebenarnya yang utama?" kata Megawati.

"Kalau saya minta, kumpulkan semua. Ini yang namanya gotong royong, musyawarah untuk mufakat. Bagaimana untuk masa depan pertahanan kita," lanjut Megawati.

Megawati mengurai peran dan sejarah tiap angkatan yang sama pentingnya. Namun untuk postur pertahanan TNI ke depan, menurutnya, perlu dibahas lebih mendalam secara bersama di bawah arahan Presiden Jokowi, mengingat Indonesia negara kepulauan.

Lihat Video: Jokowi: Masyarakat Menaruh Harapan Besar, Pegang Jati Diri TNI Rakyat

[Gambas:Video 20detik]




(knv/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT