ADVERTISEMENT

Pimpinan MKD DPR Sarankan Hillary Lasut Tak Polisikan Mamat Alkatiri

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 07:16 WIB
Waketum Gerindra Habiburokhman. (dok. Istimewa)
Foto: Habiburokhman. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, Habiburokhman, menyarankan agar politikus NasDem, Hillary Brigitta Lasut, tidak mempolisikan komika Mamat Alkatiri. Sebab, hal itu menurutnya hanya akan membuang waktu saja.

"Saya mengikuti pemberitaan soal laporan rekan saya Hillary Brigitta Lasut ke Polisi terhadap komika Mamat. Meskipun Hillary berhak membuat laporan, menurut saya pelaporan tersebut adalah sesuatu yang tidak perlu karena hanya akan menguras energi dan membuang waktu. Saran saya selaku Wakil Ketua MKD saudari Hillary tidak perlu tindak lanjuti laporan tersebut," tutur Habiburokhman kepada wartawan, Rabu (5/10/2022).

Habiburokhman menilai roasting, hinaan, maupun kritikan tidak akan memengaruhi nama seorang wakil rakyat. Menurutnya, kredibilitas wakil rakyat dinilai dari kinerjanya.

"Nama seorang wakil rakyat tidak akan menjadi baik atau buruk hanya karena roastingan, kritikan atau hinaan. Tetapi kredibilitas kita sangat tergantung seberapa besar kinerja memberikan manfaat kepada rakyat khususnya konstituen," katanya.

Politikus Gerindra itu pun lantas memberikan solusi. Kepada mereka yang mengkritik, kata dia, sebaiknya dikritik balik atau diberi penjelasan.

"Terhadap mereka yang mengkritik, baiknya kita berikan saja penjelasan atau boleh juga kita kritik balik karena ini negara demokrasi," ujar Habiburokhman.

Namun jika kritik yang dilontarkan menggunakan kata-kata kasar, Habiburokhman meminta agar tidak dipedulikan.

"Jika kritikan di luar konteks, atau bahkan menggunakan kata-kata kasar baiknya ya biarkan saja karena justru orang yang menggunakan kata-kata kasar tersebut yang namanya menjadi jelek," lanjut dia.

Hillary Lasut Polisikan Mamat Alkatiri

Untuk diketahui, Hillary Brigitta Lasut melaporkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya. Laporan tersebut dilayangkan terkait dugaan pencemaran nama baik.

Laporan tersebut dibuat pada 3 Oktober 2022 di Polda Metro Jaya. Dalam laporan tersebut tertulis Brigitta sebagai korban.

Hillary mengunggah foto surat tanda terima laporan kepolisian di akun Instagramnya, @hillarybrigitta. Dalam caption postingan tersebut, Brigitta menyayangkan penggunaan kata kasar dalam materi roasting yang disampaikan Mamat Alkatiri.

Dia mengatakan penggunaan kata kasar tidak pas untuk digunakan sebagai kritik. Menurut dia, penggunaan kata kasar lebih tepat termasuk bully atau pelecehan verbal.

Brigitta menambahkan, pejabat publik, pembantu rumah tangga, atau siapa pun warga negara mempunyai hak untuk dilindungi harkat martabatnya dari kekerasan verbal.

Sebagai mahasiswa hukum, Briggita mengaku melaporkan Mamat bukan karena takut disebut antikritik. Namun, menurutnya, laporan tersebut untuk menegakkan hukum bagi dirinya sendiri.

Simak Video 'Geger Komika Mamat Alkatiri Dipolisikan Anggota DPR Gegara Roasting':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT