Bersedia Cabut Laporan, Hillary Lasut Tunggu Permintaan Maaf Mamat Alkatiri

ADVERTISEMENT

Bersedia Cabut Laporan, Hillary Lasut Tunggu Permintaan Maaf Mamat Alkatiri

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 07:12 WIB
Hillary Brigitta Lasut Disorot Usai Minta Pengamanan TNI, Ini Sosoknya
Foto: Hillary Brigitta Lasut dari Partai NasDem. (Dok Pribadi)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi NasDem Hillary Brigitta Lasut bicara soal laporannya terhadap komika Mamat Alkatiri. Hillary menanti permintaan maaf Mamat.

"Jelas mau lah, kalau misalkan yang bersangkutan mau mengakui kesalahannya, dan meminta maaf," ucap Hillary saat dihubungi, Selasa (10/4/2022).

Namun, Hillary merasa Mamat menggunakan koneksinya untuk menekan dirinya. Sehingga, dia pun bingung dan merasa ditekan oleh pihak-pihak lain.

"Mentang-mentang (saya) dewan baru dan masih muda, dia menggunakan koneksinya ke mana-mana. Meminta senior-senior di partai, dan petinggi menekan saya, sampai saya harus menerima dan bahwa 'oh, saya tidak boleh memperjuangkan hak saya'. Kalau begitu ngapain saya belajar hukum," ucapnya.

"Kenapa yang bersangkutan tidak minta maaf dan tidak mengakui kesalahannya, dan suruh orang-orang, suruh artis, suruh pejabat-pejabat, petinggi-petinggi untuk menyerang saya, dan untuk meminta saya untuk berhenti (melaporkan)," ucapnya.

Hillary menunggu Mamat Alkatiri meminta maaf kepadanya. Dia juga meminta Mamat tak meminta pihak-pihak lain untuk menekannya.

"Ya dan berhenti menggunakan koneksinya untuk menekan saya di mana-mana dengan orang-orang besar supaya berhenti dan cabut laporan tanpa minta maaf," tuturnya.

Dia merasa, pernyataan dari Mamat telah menyinggung martabat dirinya. Untuk itu, dia melaporkan kepada polisi sebagai bentuk memperjuangkan martabat diri.

"'Kalau saya melapor saya jadi antikritik.' Emang saya tidak boleh punya martabat, sudah tidak boleh punya harga diri. Orang tua saya saja tidak begitu. Entah dia laki-laki dari mana, bentak-bentak saya depan orang. Maki-maki saya depan orang. Saya ini adalah aktivis anti-bullying dan perundungan dari Sulawesi Utara sudah bertahun-tahun, jadi jangan pikir saya takut melawan," katanya.

Saran Diselesaikan Secara Kekeluargaan

Untuk diketahui, Hillary Brigitta Lasut melaporkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya. Laporan tersebut dilayangkan terkait dugaan pencemaran nama baik.

"Pencemaran nama baik Pasal 310 KUHP," demikian dikutip dari foto surat tanda terima laporan kepolisian yang diunggah Brigitta di akun Instagramnya, @hillarybrigitta, Selasa (4/10).

Laporan tersebut dibuat pada 3 Oktober 2022 di Polda Metro Jaya. Dalam laporan tersebut tertulis Brigitta sebagai korban.

(Artikel ini dimutakhirkan Rabu (5/10) pukul 18.50 WIB. Ada kesalahan interpretasi dari pernyataan Brigitta)

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video 'Geger Komika Mamat Alkatiri Dipolisikan Anggota DPR Gegara Roasting':

[Gambas:Video 20detik]




Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali menilai seharusnya persoalan Hillary Lasut tidak perlu dibawa sampai ke ranah hukum. Menurutnya kasus ini diselesaikan secara kekeluargaan.

"Nah, soal Brigitta, saya menyayangkan kemudian hal seperti itu kemudian dibawa ke ranah hukum, apalagi ucapan itu tidak dipersonifikasi kepada orang tertentu kan, karena orang sementara stand-up, kadang kali memang membuat kalimat yang kemudian memancing rasa humor dan sekaligus kritik kepada objek yang akan dituju kan," kata Ahmad Ali saat dihubungi, Selasa (4/10).

Menurutnya, mendapatkan kritik keras merupakan konsekuensi sebagai pejabat publik. Menurutnya, persoalan Hillary Lasut bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

"Harusnya hal seperti itu tidak perlu sampai ke ranah hukum karena konsekuensi pejabat publik ya harus lebih peka dalam hal-hal sosial, terhadap situasi lingkungan dan lain-lain. Saya tadi baca berita yang dikirim, saya tidak melihat poinnya seperti apa kemudian menjadi alasan bagi Brigitta untuk melaporkan si Mamat ke Polda Metro," ucapnya.

"Nah artinya kita juga di sisi lain nggak bisa halangi dia, karena hak pribadi dia, tapi tentunya Polda Metro, polisi, akan melihat konteks ya kan, apakah ini masuk delik atau tidak sehingga saya harap ini dibicarakan secara kekeluargaan, dilakukan klarifikasi tentang pernyataan yang kemudian membuat saudari Brigitta kenapa kemudian tersinggung," lanjut dia.

(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT