Proyek Turap Antibanjir Kembangan Utara Belum Mulai Juga, Ini Sebabnya

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Proyek Turap Antibanjir Kembangan Utara Belum Mulai Juga, Ini Sebabnya

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 15:06 WIB
Kali Angke di Kembangan Utara yang menanti turap agar tak meluap bikin banjir lagi. Kondisi 20 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Kali Angke di Kembangan Utara yang menanti turap agar tak meluap bikin banjir lagi. Kondisi 20 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Pembangunan turap (sheet pile) untuk mencegah banjir agar tak kembali melanda permukiman warga di Kembangan Utara, Jakarta Barat (Jakbar), belum dimulai. Pembangunan turap itu masih menunggu rampungnya pengerjaan turap di Rawa Buaya, Cengkareng.

"Saat ini dengan percepatan penyelesaian di Rawa Buaya selanjutnya ke Kembangan," kata anggota Bidang Pengendalian Banjir dan Drainase Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Firmansyah, saat dikonfirmasi, Selasa (4/10/2022).

Dia mengatakan Dinas SDA tengah berupaya agar pembangunan turap di Kali Angke itu dapat segera dilakukan. Dinas SDA juga masih berkoordinasi untuk mobilisasi alat berat ke Kali Angke.

"Kita upayakan secepatnya. Pararel untuk akses masuk juga sedang dikoordinasikan," ujarnya.

Alat berat untuk proses pembangunan turap saat ini belum tiba di lokasi. Dinas SDA akan terus berupaya mempercepat pembangunan turap di Kembangan Utara tersebut.

"Kami mitigasi dan upayakan sesegera," ucapnya.

Rencananya, turap akan dibangun di sisi kali sepanjang 27 meter saja. Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Barat Purwanti berharap pembangunan turap akan selesai sebelum berakhirnya 2022.

"Informasi dari pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK), mudah-mudahan awal bulan depan alat sudah bisa masuk," kata Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Barat Purwanti Suryandari kepada detikcom, Selasa (27/9) bulan lalu. Ini sudah masuk bulan Oktober dan pembangunan belum dimulai.

Kali Angke di Kembangan Utara yang menanti turap agar tak meluap bikin banjir lagi. Kondisi 20 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)Kali Angke di Kembangan Utara yang menanti turap agar tak meluap bikin banjir lagi. Kondisi 20 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)

Turap itu perlu dibangun untuk menanggulangi luapan Kali Angke ke kawasan permukiman. Pada pertengahan Juli kemarin, permukiman di sekitar kali ini terendam banjir. Warga ingin agar turap segera dibangun.

Simak juga 'Waspadai Hujan Intensitas Lebat di Sejumlah Kota, Cek Infonya di Sini!':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT