Turap Antibanjir Kembangan Utara Jakbar Bakal Dibangun Bulan Depan

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Turap Antibanjir Kembangan Utara Jakbar Bakal Dibangun Bulan Depan

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 14:12 WIB
Kondisi Kali Angke yang menanti turap antibanjir di kawasan Kembangan Utara, RT7/RW1, Jakarta Barat, 8 Agustus 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Kondisi Kali Angke yang menanti turap antibanjir di kawasan Kembangan Utara, RT 7 RW 1, Jakarta Barat, 8 Agustus 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Warga di Kembangan Utara masih menantikan pembangunan turap (sheet pile) untuk mencegah banjir luapan Kali Angke seperti peristiwa Juli lalu. Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan turap akan segera dibangun.

"Informasi dari pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK), mudah-mudahan awal bulan depan alat sudah bisa masuk," kata Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Barat Purwanti Suryandari kepada detikcom, Selasa (27/9/2022).

Purwanti menjelaskan tahapan yang dijalankan saat ini adalah koordinasi untuk memobilisasi alat pembangunan turap. Alat-alat berat tidak mudah masuk ke area Kali Angke itu.

"Karena alat pancangnya kan lumayan besar, sehingga akses alat berat agak sulit," kata Purwanti.

Rencananya, turap akan dibangun di sisi kali sepanjang 27 meter saja. Dia berharap pembangunan turap akan selesai sebelum berakhirnya 2022.

"Ini yang mengerjakan adalah Dinas SDA. Kontraknya sampai akhir tahun. Mudah-mudahan sebelum itu sudah selesai," kata Purwanti.

Sebelumnya diberitakan detikcom pada Agustus lalu, pembangunan turap di RT 7 RW 1 ini menunggu selesainya urusan pembebasan lahan. Kini pembangunan hendak dimulai.

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT