Kejari Jaksel Verifikasi Barang Bukti Kasus Ferdy Sambo dkk

ADVERTISEMENT

Kejari Jaksel Verifikasi Barang Bukti Kasus Ferdy Sambo dkk

Dwi Rahmawati - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 14:34 WIB
Kepala Kejaksaan Negeri Jaksel Syarief Sulaeman Nahdi
Kepala Kejaksaan Negeri Jaksel Syarief Sulaeman Nahdi (Dwi Rahmawati/detikcom)
Jakarta -

Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan telah menerima barang bukti terkait kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Barang bukti tersebut sedang diverifikasi oleh pihak kejaksaan.

"Jadi hari ini proses pelimpahan barang bukti ya, proses verifikasi barang bukti," papar Kepala Kejaksaan Negeri Jaksel Syarief Sulaeman Nahdi di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (4/10/2022).

Syarief menyebut ada banyak barang bukti yang dilimpahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) hari ini terkait kasus Sambo. Hingga pukul 13.10 WIB proses verifikasi masih berlangsung.

"Mengingat barang buktinya juga lumayan banyak, sehingga untuk mempermudah kita verifikasi dulu barang buktinya pada hari ini," kata Syarief.

Syarief belum bisa merinci terkait jenis barang bukti yang dilimpahkan ke Kejari Jaksel. Hanya ia mengatakan verifikasi tersebut bagian dari teknis.

"Itu (jenis barang bukti) masuk ke materi ya, nanti ya. Verifikasi sedang berjalan, hanya masalah teknis saja itu, masih berlangsung soal teknis saja itu verifikasi," katanya.

Sebelumnya, Polri menyerahkan barang bukti kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) yang menjerat Ferdy Sambo dan empat tersangka lainnya ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) hari ini. Barang bukti itu antara lain terdiri dari pistol dan magasin.

Berdasarkan foto yang diterima detikcom, Selasa (4/10), terlihat sejumlah pistol yang diletakkan di meja salah satu ruangan di Kejari Jaksel. Tampak juga sejumlah penyidik Bareskrim Polri dan jaksa melakukan pengecekan barang bukti tersebut.

Ada pistol yang telah diberi tanda barang bukti. Ada juga magasin yang terlihat di atas meja itu. Selain itu, ada bungkusan lainnya dan boks kontainer yang dicek oleh polisi dan jaksa.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian mengatakan barang bukti yang diserahkan itu cukup banyak dan dikemas dalam kotak kontainer. Dia tak menjelaskan detail ada berapa banyak barang bukti yang diserahkan.

"Barang buktinya banyak, dikemas dalam beberapa kontainer plastik," kata Andi.

Sementara itu, Kapuspenkum Kejaksaan Agung (Kejagung) Ketut Sumedana mengatakan penyerahan ini masih dalam bentuk verifikasi. Secara administrasi, pelimpahan tahap dua tetap resmi dilaksanakan besok bersama dengan penyerahan para tersangka.

"Jadi hari ini diserahkan BB (barang bukti) untuk verifikasi dalam rangka pelimpahan BB dan tersangka besok," kata Sumedana.

Diketahui, Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan berkas Ferdy Sambo dkk telah lengkap. Ferdy Sambo dkk akan segera dilimpahkan berkas dan tersangkanya (tahap II) ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan untuk segera disidangkan.

Pada kasus dugaan pembunuhan Brigadir Yosua, ada lima orang yang ditetapkan sebagai tersangka. Mereka ialah Ferdy Sambo, Putri Candrwathi, Kuat Ma'ruf, Bripka Ricky Rizal, dan Bharada Eliezer. Berkas kelimanya dinyatakan lengkap setelah sempat dikembalikan Kejagung dan diperbaiki oleh Polri.

Kasus berikutnya ialah dugaan merintangi penyidikan kasus pembunuhan Brigadir Yosua. Ada tujuh orang yang menjadi tersangka, yakni Ferdy Sambo, Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nurpatria, AKBP Arif Rahman Arifin, Kompol Baiquni Wibowo, Kompol Chuck Putranto, dan AKP Irfan Widyanto.

Simak Video 'Ini Barbuk Kasus Pembunuhan Yosua Diserahkan ke Jaksa':

[Gambas:Video 20detik]

(yld/yld)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT