Kapolda Metro Lantik Kombes Ade Ary Syam Indradi sebagai Kapolres Jaksel

ADVERTISEMENT

Kapolda Metro Lantik Kombes Ade Ary Syam Indradi sebagai Kapolres Jaksel

Brigitta Belia - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 12:08 WIB
Kombes Ade Ary Syam Indradi dilantik sebagai Kapolres Metro Jaksel.
Kombes Ade Ary Syam Indradi dilantik sebagai Kapolres Metro Jaksel. (Foto: dok. Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya melantik Kombes Ade Ary Syam Indradi sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan (Jaksel) hari ini. Pelantikan digelar secara tertutup di Gedung Promoter.

"Iya betul. Pelaksanaan sertijabnya hari ini. Sertijab Kombes Ade Ary Syam Indradi berdasarkan ST Kapolri Nomor: ST/2046/IX/KEP./2022 tanggal 24 September 2022 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri, telah diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi wartawan, Selasa (4/10/2022).

Dalam pelantikan tersebut, Irjen Fadil menyerahkan jabatan Kapolres Metro Jakarta Selatan yang baru. Pelantikan Kapolres Metro Jaksel dihadiri Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo, Irwasda Kombes Kombes Dwi Gunawan, Kepala Biro SDM Kombes Langgeng Purnomo, Karoops Kombes Marsudianto, dan Kabid Humas Kombes Endra Zulpan.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Kombes Ade Ary Syam Indradi untuk mengisi jabatan Kapolres Metro Jakarta Selatan. Kombes Budhi Herdi dicopot dari jabatannya karena terseret kasus Ferdy Sambo.

Pengangkatan jabatan Kombes Ade Ary Syam Indradi ini tertuang dalam Surat Telegram bernomor: ST/2046/IX/KEP./2022 tertanggal 24 September 2022. Surat telegram itu diterbitkan per 24 September 2022 dan ditandatangani oleh As SDM Polri Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri.

"Ya, betul," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Senin (26/9/2022). Dedi membenarkan saat ditanya mengenai surat telegram tersebut.

Sebelumnya, Kapolres Jaksel dipimpin oleh Kombes Budhi Herdi Susianto. Kombes Budhi dimutasi ke Yanma Polri lantaran diduga tidak profesional dalam penanganan kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), yang menyeret Irjen Ferdy Sambo.

Mutasi Kombes Budhi Herdi tersebut tertuang dalam TR nomor ST/1751/VIII/KEP./2022. Kombes Budhi Herdi diketahui sedang menjalani penempatan khusus (patsus) di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Profil Singkat Kombes Ade Ary

Kombes Ade Ary Syam Indradi merupakan lulusan Akpol '98. Di Akademi Kepolisian, Ade Ary--sapaan akrabnya--lulus dengan ranking 2.

Ade Ary memulai karier di institusi Bhayangkara pada 1998 dengan jabatan Pamapta Polres Gresik. Tak lama kemudian, Ade Ary menjabat Kapolsek Panceng dan dua tahun kemudian Kapolsek Sedati, yang juga wilayah hukum Polres Gresik.

Karier Ade Ary makin melejit saat dipindah ke Polda Metro Jaya tahun 2005 dengan jabatan Perwira Unit (Panit) pada Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya. Selanjutnya, ia menjabat Kapolsek Jatiuwung Polres Metro Tangerang di tahun yang sama.

Dua tahun kemudian tepatnya 2007, Ade Ary didapuk sebagai Kasat Reskrim Polres Tangerang Kabupaten. Kemudian, pada 2010, pria kelahiran 10 September 1976 ini diangkat sebagai Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota.

Ade Ary juga pernah menjabat Wakil Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada 2017. Pada 2019, Ade Ary menjabat Kapolresta Pontianak dan Kapolresta Tangerang.

Pada 2021, Ade Ary menjabat Direskrimum Polda DIY. Sebelum diangkat sebagai Kapolres Metro Jaksel, Kombes Ade Ary menjabat Kabag Anev Robinopsnal Bareskrim Polri.

(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT