1 Kartu 1 Penumpang TransJ Berlaku, Kini Wajib Tap In dan Tap Out Halte

ADVERTISEMENT

1 Kartu 1 Penumpang TransJ Berlaku, Kini Wajib Tap In dan Tap Out Halte

Indra Komara - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 11:03 WIB
Bus TransJakarta mulai beroperasi 24 jam. Kendaraan umum tersebut sering digunakan masyarakat Jakarta sebagai sarana transportasi dalam kegiatan sehari-hari.
Bus TransJakarta. (Foto: Getty Images/holgs)
Jakarta -

Kebijakan satu kartu untuk satu penumpang TransJakarta mulai berlaku. Penumpang TransJakarta kini wajib melakukan tap in dan tap out.

"Kewajiban tap in-out di setiap perjalanan," ujar Sekretaris Perusahaan PT JakLingko Indonesia Kevin Haikal, kepada wartawan, Selasa (4/10/2022).

Kevin menerangkan penumpang yang tidak melakukan tap out berisiko mengalami eror pada kartu elektronik. Sehingga dia mengimbai pada penumpang untuk melakukan tap in dan tap out sesudah perjalanan.

Meski demikian, pihaknya memastikan untuk tidak khawatir apabila kartu mengalami eror atau terblokir. Dia menerangkan kartu bisa direset dan harus memiliki saldo minimal Rp 5 ribu.

"Reset kartu, pastikan minimal saldo Rp 5000 di dalamnya, kartu akan memotong biaya perjalanan terjauh sebelumnya," kata dia.

Sebelumnya, pengguna TransJakarta mengeluhkan kartu terblokir. Hal itu menyebabkan antrean panjang di sejumlah halte TransJakarta.

Salah satu pengguna TransJakarta, Nurul Fajar Oktavia mengatakan antrean disebabkan mulai berlakunya kebijakan satu kartu untuk satu penumpang.

"TransJakarta sudah berlakukan 1 kartu untuk 1 orang, jadi jika kartu yang sudah ditap in (sebelumnya belum tap out), tidak bisa ditap in kembali, harus di tap out terlebih dahulu, dan minimal saldonya ada 5 ribu," jelasnya, kepada detikcom.

Sementara itu, penumpang lainnya Ricky Panggabean mengalami hal serupa. Dia mengatakan banyak penumpang yang kartunya terblokir karena belum sempat tap out dalam perjalanan sebelumnya.

"Karena ada kebijakan baru harus tap in dan tap out. Dan kebanyakan terblokir karena ada yang turun tanpa melalui halte. Yang terblokir harus 3x tap, tap pertama gagal karena terblokir, tap ke dua buka blokir, tap ke tiga baru bisa masuk," jelasnya.

(idn/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT