Anggota DPR Pakai Pita Hitam Duka Kanjuruhan dan Berdoa saat Paripurna

ADVERTISEMENT

Anggota DPR Pakai Pita Hitam Duka Kanjuruhan dan Berdoa saat Paripurna

Nahda Utami - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 10:49 WIB
Pimpinan beserta anggota DPR RI mengenakan pita bertuliskan DK atau Duka Kanjuruhan saat menghadiri rapat paripurna DPR RI. Pita itu terpasang di masing-masing lengan kiri para pimpinan dan anggota Dewan.
Anggota DPR RI Utut Adianto. (Nahda/detikcom)
Jakarta -

Pimpinan beserta anggota DPR RI mengenakan pita bertuliskan 'DK' atau 'Duka Kanjuruhan' saat menghadiri rapat paripurna DPR RI. Pita itu terpasang di masing-masing lengan kiri para pimpinan dan anggota Dewan.

Pantauan detikcom di ruang sidang paripurna, Selasa (4/10/2022), terlihat Ketua DPR RI Puan Maharani serta pimpinan DPR lain, yakni Rachmat Gobel, Sufmi Dasco Ahmad, dan Lodewijk Paulus mengenakan pita berwarna hitam. Pita itu bertuliskan 'DK' atau 'Duka Kanjuruhan'.

Sejumlah anggota Dewan juga terlihat mengenakan pita tersebut. Pita bertuliskan 'DK' dikenakan sebagai bentuk duka cita atas Tragedi Kanjuruhan.

"Pada kesempatan rapat paripurna hari ini pimpinan dan anggota DPR RI mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas musibah yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur setelah pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya yang menyebabkan sejumlah suporter sepak bola meninggal dunia dan luka-luka," kata Puan dalam rapat paripurna.

DPR RI, sebut Puan, berharap agar tragedi seperti itu tidak terulang lagi. Puan juga meminta kepada seluruh pihak terkait untuk mengevaluasi secara menyeluruh terhadap penyelenggaraan pertandingan sepak bola.

"DPR RI berharap peristiwa seperti ini tidak akan terulang lagi di masa yang akan datang dan meminta kepada pihak-pihak terkait melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap penyelenggaraan pertandingan sepak bola beserta seluruh prosedur pengamanan yang harus dilaksanakan, serta meminta agar seluruh masyarakat menjunjung tinggi suportivitas dalam menerima kemenangan maupun kekalahan," ujar Puan.

Puan kemudian mengajak para anggota DPR RI untuk mendoakan korban tragedi Kanjuruhan. Puan mendoakan agar seluruh korban mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan yang Maha Esa.

"Untuk itu marilah kita menundukkan kepala serata berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing semoga arwah korban yang meninggal dunia mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT Tuhan yang Maha Esa dan kepada korban yang mengalami luka-luka segera diberikan kesembuhan dan kesehatan, berdoa dimulai," ucap Puan.

(nhd/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT