Apung Widadi Ungkap Satu Pertandingan Sepak Bola Hasilkan Miliaran Rupiah

ADVERTISEMENT

Apung Widadi Ungkap Satu Pertandingan Sepak Bola Hasilkan Miliaran Rupiah

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 07:19 WIB
Jakarta -

Founder Save Our Soccer Indonesia Apung Widadi mengungkapkan revenue dalam satu kali pertandingan sepak bola. Apung mengatakan dalam satu kali permainan sepak bola penjualan tiket dapat menghasilkan miliaran rupiah.

"Persija sekali main di Bekasi itu satu tiket 2 miliar dapatnya satu kali pertandingan," ujar Apung dalam diskusi adu perspektif dengan 'Pekan Politik, Pekan Duka: Tak Ada Sepakbola, Seharga Nyawa', yang diselenggarakan detikcom dan Total Politik, Senin (3/10/2022).

Selain dari hasil tiket, lanjut Apung, hak siar pertandingan juga dapat menghasilkan hingga puluhan miliar.

"Belum hak siar pertandingan itu puluhan miliar satu pertandingan," tuturnya.

Untuk diketahui revenue merupakan uang yang diterima dan dihasilkan dari operasi bisnis normal dalam kurun waktu tertentu. Revenue dapat diartikan sebagai laba bersih.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Fahri Hamzah mengatakan dengan hasil miliaran yang dihasilkan maka industri sepak bola telah tumbuh. Sehingga menurut Fahri negara perlu menjaga jarak pada sepak bola dan mengalihkannya pada ranah private atau swasta.

"Saya baru mendengar bahwa ini industrinya sudah tumbuh kalau dilihat itu kan yang nonton hanya aremania saja sudah overload apalagi kalau kedua belah pihak, artinya potensi penonton dua kali lipat, ini bisnis besar kalau bicara bisnis besar orang mau bayar industri pasti mau inves di situ," kata Fahri Hamzah.

"Bagaimana mengatur regulasi transisional supaya semakin banyak sektor olahraga kita itu full kita serahkan saja kepada private negara nggak perlu cawe-cawe lagi," tuturnya.

(dwia/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT