ADVERTISEMENT

Momen Panglima TNI Salami KSAD Saat Hendak Menghadap Jokowi di Istana

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 22:09 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama para kepala staf menghadap Presiden Jokowi di Istana Merdeka
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama para kepala staf menghadap Presiden Jokowi di Istana Merdeka. (Foto: Dok: Agus Suparto)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama para kepala staf menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta. Kedatangan para pemimpin TNI itu untuk melaporkan rencana kegiatan HUT ke-77 TNI.

"Geladi (HUT) TNI," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dimintai konfirmasi, Senin (3/10/2022).

Berdasarkan foto dari fotografer Presiden, Agus Suparto, Panglima TNI menghadap Jokowi bersama KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan KSAL Laksamana Yudo Margono. Para petinggi TNI itu terlihat akrab.

Di foto itu, Jenderal Andika tampak menyalami Jenderal Dudung saat tiba di ruang tunggu Istana Merdeka. Momen itu disaksikan Marsekal Fadjar dan Laksamana Yudo.

Sebelum menghadap Jokowi, para pemimpin TNI itu juga sempat rapat sejenak. Setelah itu, mereka bertemu Jokowi untuk melaporkan persiapan HUT TNI.

HUT TNI di Istana

Seperti diketahui, upacara peringatan HUT ke-77 TNI bakal digelar di Istana Kepresidenan. Presiden Jokowi dijadwalkan menjadi inspektur upacara (irup).

"Perlu kami jelaskan kepada seluruh masyarakat bahwa pada 5 Oktober acara HUT TNI ke-77 diadakan di Istana dilanjutkan dengan defile sampai dengan Bundaran HI," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (30/9).

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono mengatakan bakal ada beberapa atraksi yang ditampilkan di upacara HUT TNI. Salah satunya manuver pesawat tempur F16.

"Irupnya direncanakan Bapak Presiden RI. kemudian kami akan menyampaikan rangkaian setelah upacara. Bapak Presiden akan menyampaikan demo beberapa atraksi pesawat TNI angkatan udara. Nanti ada fly pass pesawat F16. Kemudian ada helikopter yang membawa giant flag. Kemudian ada akrobatik dari Jupiter," ujar Eko.

Setelah itu, Jokowi akan melakukan video conference dengan sejumlah prajurit. Para prajurit itu berada di sejumlah titik perbatasan Indonesia.

Selanjutnya, Jokowi juga diagendakan menuju depan Istana. Jokowi bakal melihat kendaraan tempur yang dimiliki TNI.

"Kemudian presiden keluar menuju ke depan Istana ke jalan. Di sana presiden akan melihat beberapa kendaraan tempur yang terbaru yang kita miliki. Yang akan kita tampilkan secara statis," ujar Eko.

Jokowi kemudian menuju panggung untuk menerima defile pasukan TNI dan alutsista. Ada sejumlah kendaraan tempur yang dipamerkan.

"Di mana nanti di pasukan ada drum band ya juga, kemudian setelah itu pasukan yang ikut upacara dan defile ranpur. Sebanyak 63 ranpur," kata Eko.

Simak juga Video: Panglima TNI Tindak Tegas Anggotanya yang 'Kungfu' di Kanjuruhan

[Gambas:Video 20detik]



(knv/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT