Muncul Relawan Pendukung Anies-Andika, NasDem: Sah-sah Saja

ADVERTISEMENT

Muncul Relawan Pendukung Anies-Andika, NasDem: Sah-sah Saja

Eva Safitri - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 20:52 WIB
Ketua DPP NasDem Willy Aditya
Ketua DPP NasDem Willy Aditya (Foto: Faiq Azmi)
Jakarta -

Muncul relawan Anies-Andika For 2024 (AK 24) usai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres). Ketua DPP NasDem Willy Aditya menganggap kemunculan relawan itu sah-sah saja.

"Menurut saya wajar dan sah-sah saja ada aspirasi semacam itu," kata Willy kepada wartawan, Senin (3/10/2022).

Willy justru mengapresiasi adanya dukungan itu. Dia menilai NasDem tidak salah mendeklarasikan Anies. Dalam artian kata Willy, Anies diterima oleh berbagai kalangan.

"Hal tersebut justru menjadi sinyal bahwa pencalonan Anies Baswedan ini ternyata cukup diterima oleh banyak kalangan. Artinya, NasDem tidak salah ketika mendeklarasikan pencalonan beliau sebagai calon presiden di 2024 nanti," ujarnya.

Meski begitu, Willy mengatakan keputusan terkait cawapres itu diserahkan kepada Anies. Sebab, Anies lah yang mampu memahami pasangan yang ideal menurutnya.

"Namun demikian, seperti ditegaskan oleh Pak Surya pagi tadi, terkait calon wakil presiden ini kami serahkan sepenuhnya kepada Pak Anies. Mengapa? Karena presiden dan wakil presiden ini kan idealnya harus senafas dan seirama. Kalau bisa menjadi dwi-tunggal, itu lebih oke lagi," ujarnya.

"Mereka kan yang akan memimpin pemerintahan sekaligus negara ini ke depan. Kalau nahkodanya tidak klop dengan wakilnya, bisa oleng nanti bahtera ini. Jalannya pelayaran bisa tidak mulus. Pembangunan pun jadi tidak bisa berjalan," lanjut Willy.

Willy berterima kasih dengan kemunculan relawan tersebut. Meski dia ngaku kalau NasDem tidak bisa mengakomodir keinginan relawan.

"Jadi, terima kasih atas aspirasi yang telah muncul melalui AK 24 ini. Namun demikian Partai NasDem tidak bisa serta merta mengakomodir begitu saja. Selain telah diserahkan kepada sang calon presiden, aspirasi-aspirasi yang lain juga nanti bisa saja bermunculan. Nah, itu semua biarkan Pak Anies yang mempelajari, menimbang segala sesuatunya, hingga kemudian diputuskan mana yang pas untuk bersama beliau memimpin bangsa ini ke depan," ucapnya.

Sebelumnya, NasDem resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden di 2024. Kini muncul relawan yang mendukung Anies dipasangkan dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Pasangan Anies-Andika kami rasa adalah pasangan paling pas. Keduanya akan bisa saling melengkapi menjadi sebuah kolaborasi bagi kemajuan negeri ini," kata Ketua Relawan Anies-Andika For 2024 (AK 24), Bima, dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/10/2022).

Relawan AK 24 memahami Jenderal Andika Perkasa dan Anies Baswedan memang saat ini masih sama-sama menjadi pejabat. Namun keduanya dipastikan akan purnatugas tahun ini.

Selain itu, Anies Baswedan dan Andika juga dinilai moncer dalam berbagai survei elektabilitas calon presiden. Anies Baswedan tak pernah lepas dari tiga besar, sedangkan Andika Perkasa juga disebut-sebut sebagai sosok potensial.

"Anies Baswedan dan Andika Perkasa adalah kombinasi karakter yang paling komplet untuk bisa membawa Indonesia sebagai berkibar di dunia," ujar Bima.

(eva/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT