Ridwan Kamil: Jangan Paksakan Laga Sepakbola Malam

ADVERTISEMENT

Ridwan Kamil: Jangan Paksakan Laga Sepakbola Malam

Rifat Alhamidi - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 17:46 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbicara dalam acara Farewell Event for Anies Baswedan di Jakarta, Minggu (2/10/2022).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Andhika Prasetia/detikcom)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali menyinggung soal jadwal Liga 1 yang kerap digelar pada malam hari. Menurutnya, pertandingan liga seharusnya tidak dipaksakan digelar malam untuk mengantisipasi kericuhan seperti tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur.

"Ya jadi gini, ya, kalau sepakbola main siang dengan main malam, lebih aman main siang. Karena mengendalikan lebih mudah, visual juga kelihatan. Jadi jangan selalu dipaksakan (jadwalnya) malam," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu, Senin (3/10/2022).

Kang Emil mengatakan petugas keamanan akan sulit mengendalikan massa jika terjadi kericuhan saat pertandingan digelar malam hari. Padahal seharusnya, kata dia, keamanan menjadi nomor satu untuk para suporter yang menyaksikan tim kebanggaannya langsung di stadion.

"Apalagi pilihan malamnya hanya gara-gara untuk mengejar tontonan TV lebih banyak. Keamanan kan harus nomor satu dan ini kan buktinya seperti ini. Susah mengendalikannya kalau (jadwal pertandingan) harus selalu malam," tuturnya.

"Bahkan polisi sudah meminta kan yang di Malang itu supaya digeser ke sore, tapi kan ditolak. Itu kan contoh karena harus selalu malem yang mengejar tontonan TV," ucapnya menambahkan.

Baca selengkapnya di sini.

(idh/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT