Mahfud: TGIPF Tragedi Kanjuruhan Paling Lama Bekerja 1 Bulan

ADVERTISEMENT

Mahfud: TGIPF Tragedi Kanjuruhan Paling Lama Bekerja 1 Bulan

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 16:50 WIB
Pemerintah akan membentuk Tim Independen Gabungan Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan. TGIPF akan dipimpin oleh Mahfud Md.
Mahfud Md (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md menjelaskan detail kerja tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan. Dia mengatakan tim ini akan bekerja selama 1 bulan.

Dia awalnya menjelaskan tim ini akan melakukan pemeriksaan dan memberi rekomendasi menyeluruh terkait tragedi Kanjuruhan.

"Jadi output-nya ini disampaikan kepada Presiden untuk penilaian kebijakan keolahragaan nasional khususnya sepakbola secara menyeluruh. Kedua, mungkin saja dari hasil TGIPF ini ditemukan pelaku-pelaku tindak pidana selain yang telah ditangani oleh Polri secara pro justitia," kata Mahfud dalam konferensi pers virtual, Senin (3/10/2022).

Mahfud menyebut Polri akan menindak orang-orang yang melakukan pelanggaran pidana terkait tragedi Kanjuruhan. Dia mengatakan Polri juga bakal mengevaluasi semua jabatan kepolisian di Jawa Timur.

"Polri juga diminta melakukan evaluasi terhadap semua jabatan di Provinsi Jawa Timur," ujarnya.

Dia menyebut bisa saja ada ditemukan fakta lain oleh TGIPF. Menurutnya, ada kemungkinan keterlibatan pihak lain yang ditemukan oleh TGIPF.

"Mungkin saja nanti ditemukan hal yang sesudah diselidiki ini ada tindak pidana yang dilakukan orang yang lebih besar bukan pelaku lapangan, mungkin atau kesalahan yang sengaja dilakukan oleh orang yang ada di balik yang sekarang terlihat itu," ucapnya.

Dia mengatakan hasil kerja TGIPF juga akan diteruskan ke Polri jika memang ada dugaan tindak pidana. Mahfud juga menyebut hasil kerja itu bisa saja diteruskan ke KPK.

"Ini nanti tentu akan disalurkan lagi ke Polri untuk diproses secara hukum. Kalau misalnya permainan itu karena uang dan itu menyangkut jabatan bisa juga diserahkan ke KPK, bisa. Itu nanti kita lihat saja," ujarnya.

"Dalam dua tiga hari ke depan tindakan hukum untuk pelaku yang lapangan brutal yang bisa dilihat," sambung Mahfud.

Mahfud menyebut TGIPF akan bekerja mulai melakukan pertemuan besok, termasuk rapat maraton serta pemanggilan terhadap pihak-pihak tertentu. Mahfud juga mengatakan masa kerja TGIPF akan bekerja selama 1 bulan.

"Tim ini akan bekerja paling lama 1 bulan," ucapnya.

Tragedi Kanjuruhan itu terjadi usai laga Arema vs Persebaya di Malang, Sabtu (1/10) malam. Ada 125 orang yang tewas akibat peristiwa itu.

Simak Video: Bareskrim Periksa Direktur LIB-Ketua PSSI Jatim Buntut Tragedi Kanjuruhan

[Gambas:Video 20detik]




(haf/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT