Warga Bogor Kaget Temukan Biawak 1 Meter Saat Bersihkan Rumah

ADVERTISEMENT

Warga Bogor Kaget Temukan Biawak 1 Meter Saat Bersihkan Rumah

Muchamad Sholihin - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 16:32 WIB
Biawak 1 meter ditemukan di rumah kosong, Bogor, Jawa Barat.
Biawak 1 meter ditemukan di rumah kosong, Bogor, Jawa Barat. (dok. istimewa)
Bogor -

Pemilik rumah di Jalan Sadewa Raya, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), dihebohkan penampakan seekor biawak di dalam rumahnya. Petugas pemadam kebakaran (damkar) datang ke rumah tersebut dan melakukan evakuasi.

Pemilik rumah, Meri, mengatakan rumahnya memang sudah lama tidak dihuni karena ia bekerja di luar kota. Ia mengaku sengaja datang untuk membersihkan rumah karena akan ditempati kembali.

"Nah pas saya mau bersih-bersih karena kan memang sudah lama juga nggak ditempatin, terus mau ambil kipas angin isap itu kan. Pas mau ambil itu, tiba-tiba ada biawak di bawahnya. Terus biawak lari ke dapur," kata Meri di rumahnya, Kota Bogor, Senin (3/10/2022).

Meri mengaku sempat minta tolong warga agar menangkap biawak tersebut. Namun karena ukuran biawak cukup besar, warga ketakutan.

"Kemarin minta tolong dulu ke warga, siapa tahu ada yang mau dan berani tangkap ya. tapi setelah lihat segede itu biawaknya jadi nggak ada yang berani. Pada takut," cerita Meri.

"Terus ada yang saranin lapor damkar, alhamdulillah ini mereka datang. Syukur ya, biawaknya sudah ditangkap, sudah dibawa," tambahnya.

Petugas damkar Kota Bogor mengamankan biawak yang bersembunyi di ruang dapur menggunakan alat khusus. Biawak yang dievakuasi memiliki panjang tubuh 1 meter, dengan berat 3 kg.

"Jadi kita menerima laporan itu sekitar pukul 09.00 WIB. Menurut keterangan Ibu Meri (pemilik rumah, red) biawak ini sudah satu minggu berada di rumahnya," kata Komandan Regu tim Rescue Damkar Kota Bogor Nasrul usai evakuasi.

"Biawak berukuran cukup besar ya, sudah kita amankan, panjangnya 1 meter, berat 3 kilogram. Aman, proses evakuasi lancar," tambahnya.

Nasrul menduga, biawak tersebut masuk ke dalam rumah melalui celah di bagian belakang rumah milik Meri. Biawak tersebut diduga berasal dari kolam pemancingan yang ada belakang rumah.

"Biawak kita bawa sementara kita amankan di Mako Damkar Kota Bogor. Untuk tindak lanjutnya kita akan koordinasi dengan pencinta hewan dan pihak terkait ya," kata Nasrul.

(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT