Komisi III DPR Sepakati 9 Calon Anggota Komnas HAM, Ini Daftarnya

ADVERTISEMENT

Komisi III DPR Sepakati 9 Calon Anggota Komnas HAM, Ini Daftarnya

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 13:40 WIB
Komisi III DPR RI menggelar fit and proper test kandidat anggota Komnas HAM periode 2022-2027.
Foto: Komisi III DPR RI menggelar fit and proper test kandidat anggota Komnas HAM periode 2022-2027. (Nahda Rizki Utami/detikcom)
Jakarta -

Komisi III DPR RI telah menyepakati sebanyak 9 calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027. Pengambilan keputusan tingkat I ini diambil Komisi III DPR hari ini.

Anggota Komisi III DPR Fraksi Gerindra Habiburokhman mengatakan hasil kesepakatan itu bakal ditindaklanjuti dengan pengambilan keputusan tingkat II dalam rapat paripurna. Kesembilan calon anggota Komnas HAM bakal disahkan di rapat paripurna besok, Selasa (4/10)

"Tepat (disahkan di rapat paripurna besok)," katanya, Senin (3/10/2022).

Diketahui, kesembilan anggota tersebut dipilih usai mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi III DPR, Jumat (30/9) lalu. Ada sebanyak 14 kandidat yang mengikuti uji kelayakan calon anggota Komnas HAM.

Habiburokman mengatakan pembentukan panitia seleksi (pansel) dan proses seleksi calon anggota Komnas HAM sudah terlambat. Dia berharap pengambilan keputusan segera dilakukan.

"Kalau saya akan mengusulkan hari ini juga segera diputus karena pembentukan pansel dan proses seleksi sebanrnya sudah terlambat," kata Habiburokman kepada wartawan, Jumat (30/9).

Habiburokman menyebut penutupan masa persidangan DPR RI digelar pada Selasa pekan depan. Oleh karena itu, menurutnya, jangan sampai terjadi kekosongan pada jabatan komisioner Komnas HAM.

"Selasa depan kan sudah penutupan masa sidang, jadi waktu mepet sekali. Jangan sampai terjadi kekosongan komisioner Komnas HAM, bisa bahaya," jelas Habiburokman.

Berikut calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027:

Abdul Haris Semendawai

Anis Hidayah

Atnike Nova Sigiro (Ketua)

Hari Kurniawan

Prabianto Mukti Wibowo

Pramono Ubaid Tanthowi

Putu Elvina

Saurlin P Siagian

Uli Parulian Sihombing

Tonton juga Video: Komisi I DPR Puji BIN DIY Amankan Kegiatan G20 di Yogya

[Gambas:Video 20detik]



(fca/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT