ADVERTISEMENT

Omzet UMKM di Festival Al-Azhom Tangerang Diprediksi Tembus Rp 2,6 M

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 09:35 WIB
Festival Al-Azhom
Foto: Pemkot Tangerang
Jakarta -

Gelaran Festival Al-Azhom ke-9 di Tangerang disambut antusiasme masyarakat. Diketahui sejak dibuka pada 23 September lalu sudah ada 35 ribu pengunjung dengan omzet mencapai lebih dari Rp 2 miliar.

Diketahui para pengunjung datang untuk berburu kuliner, menyaksikan perlombaan, serta beragam acara di Festival Al-Azhom ke-9. Mereka tidak hanya dari warga Kota Tangerang, melainkan dari berbagai kota lainnya.

Ketua Pelaksana Festival Al-Azhom, Abdul Basit mengapresiasi respons positif masyarakat terhadap Festival Al-Azhom ke-9. Menurutnya, festival tak hanya saat hari libur, melainkan pada hari biasa seperti Senin hingga Jumat.

"Alhamdulillah luar biasa sekali masyarakat yang datang untuk menghadiri Festival Al-Azhom ke-9 ini. Mungkin memang masyarakat sangat menantikan momen ini, karena sudah dua tahun Festival Al-Azhom tidak ada dikarenakan pandemi COVID-19," tutur Abdul dalam keterangan tertulis, Senin (3/10/2022).

Dia mengungkapkan sampai dengan saat ini sudah puluhan ribu masyarakat yang mendatangi Festival Al-Azhom ke-9. Bahkan jumlah peserta yang mengikuti jalan santai sarungan saja sudah memenuhi target dari panitia.

"Sekitar 35.000 pengunjung yang datang hingga saat ini," tuturnya.

Melihat animo masyarakat yang luar biasa, dia berharap kegiatan festival ini dapat membantu mendorong omzet para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjajakan usahanya di Festival Al-Azhom ke-9.

"Di Festival Al-Azhom ke-9 ini ada 200 UMKM. Jika disamaratakan, omzet saat hari libur sekitar Rp 3 juta dan hari biasa sekitar Rp 1 juta per UMKM, maka pada hari ke-10 (2/10) omzet sudah dapat melebihi Rp 2 miliar. Insyaallah dalam 13 hari penyelenggaraan hingga 5 Oktober nanti, total omzet seluruhnya dapat melampaui target di atas Rp 2,6 miliar," jelas Abdul.

Sementara itu, owner Raja Sop Duren Emil yang merupakan salah satu UMKM pengisi stand di Festival Al-Azhom mengatakan selama acara berlangsung dirinya bisa mengantongi omzet hingga puluhan juta per harinya. Diungkapkannya pada hari biasa setidaknya ada 300 pieces sop duren terjual, dengan omzet Rp 4 juta. Sedangkan di hari libur dia berhasil menjual 800 pieces dengan omzet sekitar Rp 12 juta.

"Kalau ditotal omzet hingga hari ini (2/10) bisa mencapai Rp 40 juta," ungkapnya.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT