Mau Lihat Pameran Islami-Wisata Kuliner? Yuk ke Festival Al-A'zhom

ADVERTISEMENT

Mau Lihat Pameran Islami-Wisata Kuliner? Yuk ke Festival Al-A'zhom

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 24 Sep 2022 17:43 WIB
Festival Al-Azhom
Foto: Pemkot Tangerang
Jakarta -

Masjid raya menjadi salah satu ikon bangunan yang hampir ada di setiap kota besar di Indonesia. Bahkan, bangunan ini juga kerap menjadi tempat wisata religi di kota tersebut, seperti halnya di Kota Tangerang.

Bagi warga Kota Tangerang tentu sudah tak asing mendengar Masjid Raya Al-A'zhom. Terletak di kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jalan Satria-Sudirman, Sukaasih, masjid ini memiliki kubah yang megah dan besar. Bahkan, masjid ini terkenal sebagai salah satu masjid dengan kubah terbesar di Asia.

Setiap tahunnya, Masjid Al-A'zhom menggelar Festival Al-A'zhom yang menghadirkan beragam acara hingga bazar. Walaupun sempat terhenti selama dua tahun karena pandemi, Festival Al-A'zhom ke-9 kembali digelar di kawasan Masjid Al-A'zhom.

Festival yang mengusung tema 'Masjid Hebat, Jama'ah Kuat' resmi dibuka pada 23 September 2022 oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan akan berlangsung hingga 5 Oktober 2022. Festival ini menghadirkan beragam kegiatan mulai dari lomba, bazar UMKM, pameran islami, tabligh akbar, seminar bedah buku, pergelaran musik gambus dan selawat, hingga jalan sehat sarungan 'Batik' dengan beragam doorprize yang tersedia.

"Silahkan datang dan nikmati berbagai acara yang ada di Festival Al A'zhom 2022," kata Arief dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/9/2022).

Pada festival kali ini, pameran islami tidak hanya menampilkan pameran kaligrafi saja, namun ada juga pameran artifak Rasulullah SAW dan para sahabat yang berlokasi di Gedung MUI, Kota Tangerang, persis di sebelah Masjid Al-A'zhom. Adapun terdapat kurang lebih ada 17 peninggalan yang sudah tersertifikasi asli, dan masyarakat dapat melihatnya langsung secara gratis dengan cara mendaftar melalui pesan WhatsApp di nomor 0821-1113-0383.

Tak hanya itu, festival ini juga menyuguhkan bazar ratusan UMKM dari Kota Tangerang hingga luar Kota Tangerang. Beberapa di antaranya ragam kuliner ringan hingga berat, perkakas rumah tangga, baju, tas, mainan anak, hingga perlengkapan islami tersedia di sini.

Salah seorang pendatang di Kota Tangerang, Sita mengaku senang mengunjungi Festival Al-A'zhom bersama keluarga. Pasalnya, festival ini menghadirkan berbagai kuliner.

"Meski saya bukan muslim, saya senang bisa wisata kuliner di sini. Dari cemilan hingga makanan berat tersedia di sini," papar Sita.

"Apalagi cahaya dari masjid ini, sungguh pemandangan indah di malam hari," tambahnya.

Informasi lebih lengkap terkait susunan dan pengisi acara Festival Al-A'zhom ke-9, silakan kunjungi Instagram @festivalalazhomtangerang.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT