Kejagung: Ferdy Sambo dkk Diserahkan Polisi ke Kejari Jaksel Lusa

ADVERTISEMENT

Kejagung: Ferdy Sambo dkk Diserahkan Polisi ke Kejari Jaksel Lusa

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 01 Okt 2022 17:09 WIB
Pengertian Obstruction of Justice yang Jerat Sambo dkk di Kasus Brigadir J
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Pelaksanaan tahap kedua atau penyerahan tersangka serta barang bukti Ferdy Sambo dan empat tersangka lain pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Josua) digelar di Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan (Jaksel). Penyerahan ini dilakukan pada Senin lusa.

"Bahwa tahap kedua hari Senin tanggal 3 Oktober yang telah disepakati akan dilaksanakan di mana tempat kejadian perkara, yaitu Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan," kata Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana kepada wartawan, Sabtu (1/10/2022).

Sumedana mengatakan pihaknya tentu memiliki kewenangan melakukan penahanan para tersangka. Hal ini dilakukan guna mempermudah proses persidangan serta menghindari adanya penghilangan barang bukti.

"Apakah akan ada upaya penahanan juga? Bahwa penuntut umum mempunyai kewenangan melakukan penahanan sebagaimana penyidik, tidak harus sama. Akan tetapi, untuk mempermudah proses persidangan, kemungkinan penuntut umum akan mengambil opsi untuk menggunakan kewenangan penahanan. Kita lihat nanti pada hari Senin," katanya.

"Di samping untuk menghindari menghilangkan barang bukti, mempengaruhi saksi-saksi dan melarikan diri," tambahnya.

9 Polisi Jadi Tersangka Akan Disidang Pidana

Dalam kasus ini, ada sembilan polisi menjadi tersangka terkait kasus pembunuhan Brigadir J. Kesembilan tersangka itu terbagi ke dalam dua klaster, yaitu pidana dan perintangan penyidikan (obstruction of justice). Hanya Irjen Ferdy Sambo yang menjadi tersangka di dua klaster kasus tersebut.

Untuk kasus pidana, tiga tersangkanya ialah Irjen Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer (RE atau E), dan Bripka Ricky Rizal (RE). Mereka dijerat Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana subsider Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan juncto Pasal 55 juncto 56 KUHP.

Sementara itu, untuk tujuh orang tersangka kasus perintangan penyidikan kasus tewasnya Brigadir J ialah Irjen Ferdy Sambo, Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nurpatria, AKBP Arif Rahman Arifin, Kompol Baiquni Wibowo, Kompol Chuck Putranto, dan AKP Irfan Widyanto.

Simak Video 'Kapolri Pastikan Sambo Cs Bakal Ditampilkan Saat Pelimpahan Tahap Dua':

[Gambas:Video 20detik]




(azh/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT