Novel Baswedan Apresiasi Polri Tahan Istri Sambo: Semangat Penegakan Keadilan

ADVERTISEMENT

Novel Baswedan Apresiasi Polri Tahan Istri Sambo: Semangat Penegakan Keadilan

Herianto Batubara - detikNews
Sabtu, 01 Okt 2022 14:18 WIB
Sebanyak 52 eks pegawai KPK mengikuti sosialisasi pengangkatan ASN Polri hari ini. Novel Baswedan ikut serta ikut sosialisasi.
Novel Baswedan (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, resmi ditahan Polri di kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat. Mantan penyidik senior KPK Novel Baswedan mengapresiasi langkah yang dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pernyataan tersebut disampaikan Novel lewat akun Twitter pribadinya @nazaqistha seperti dilihat pada Sabtu (1/10/2022). Novel mengatakan persamaan perlakuan di mata hukum ini bisa menjadi semangat penegakan keadilan di tahap selanjutnya.

"Apresiasi kpd Polri atas penahanan PC sblm dilakukan pelimpahan perkara ke Jaksa Penuntut," tulis Novel.

"Dgn persamaan perlakuan ini semoga bisa mjd semangat penegakan keadilan dlm proses hukum tahap selanjutnya," sambungnya. Novel me-mention cuitannya itu ke akun @ListyoSigitP dan @DivHumas_Polri.

Novel Baswedan diketahui memang ikut menyoroti kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat. Sebelumnya, dia mengungkapkan kekecewaannya karena dua mantan pegawai KPK, Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang, bergabung ke tim kuasa hukum tersangka Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

"Sebagai teman saya kaget & kecewa dengan sikap @febridiansyah & @RasamalaArt yang mau menjadi kuasa hukum PC & FS," kata Novel.

Novel menyarankan agar Febri dan Rasamala mundur. Dia menilai Brigadir J sebagai korban yang wajib dibela.

Novel mengajak Febri dan Rasamala mengawasi kasus ini dan memastikan tidak ada yang menghalangi pengusutan kasus tersebut.

"Saran saya sebaiknya mundur saja. Justru kepentingan korban yang penting dibela, termasuk memastikan semua pihak yang menghalangi atau merekayasa kasus diusut tuntas. Agar tidak terjadi lagi," ucapnya.

Diketahui, istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, resmi ditahan Polri di kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat. Penahanan Putri itu disampaikan langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Hari ini juga kami telah melaksanakan pemeriksaan terkait dengan kondisi pemeriksaan baik kondisi jasmani dan melakukan pemeriksaan psikologi," kata Kapolri dalam konferensi pers, Jumat (30/9/2022).

Berdasarkan pemeriksaan jasmani dan psikologi, Putri disebut dalam keadaan baik. Atas hal itu, Polri memutuskan Putri ditahan di Rutan Mabes Polri untuk mempermudah penyerahan tahap dua ke Kejagung.

Kapolri Jenderal Sigit menegaskan kembali komitmen Polri untuk memproses kasus Sambo secara transparan. Dia menyatakan hal itu sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

"Sesuai dengan komitmen kami untuk memproses secara tegas transparan tidak pandang bulu, tidak ada yang ditutup-tutupi," ujar Kapolri.

Simak Video 'Akhirnya Putri Candrawathi Ditahan!':

[Gambas:Video 20detik]



(hri/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT