Jokowi: Zaman Boleh Berubah, tapi Indonesia Akan Tetap Pegang Teguh Pancasila

ADVERTISEMENT

Jokowi: Zaman Boleh Berubah, tapi Indonesia Akan Tetap Pegang Teguh Pancasila

Jabbar Ramdhani - detikNews
Sabtu, 01 Okt 2022 10:06 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Hari Kesaktian Pancasila diperingati bangsa Indonesia setiap tanggal 1 Oktober. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bangsa Indonesia akan selalu berpegang pada Pancasila dan nilai yang ada di dalamnya.

"Zaman boleh berubah, gaya hidup berganti, arus globalisasi menderas, tapi bangsa Indonesia akan tetap berpegang teguh pada Pancasila dan segenap nilai-nilai yang dikandungnya," kata Jokowi dalam postingan di Instagramnya, @jokowi, Sabtu (1/9/2022).

Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia menjadi pelindung dari segala tantangan yang mengancam kesatuan Indonesia. Jokowi mengenang jasa para pendahulu bangsa yang berperan meramu Pancasila sebagai ideologi dan pemersatu bangsa.

"Ideologi yang digali dan dirumuskan oleh para pendahulu dari akar dan karakter bangsa Indonesia sendiri telah terbukti mampu menjadi tameng menghadapi aneka tantangan yang mengancam persatuan dan kemajemukan kita," ujar Jokowi.

Hari Peringatan Pancasila Tahun Ini

Hari ini, Jokowi bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan segenap menteri di Kabinet Indonesia Maju menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Jokowi bertindak sebagai pemimpin upacara. Sejumlah menteri dan pejabat negara turut mengikuti rangkaian upacara.

Dalam upacara tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membacakan Pancasila, selanjutnya Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti membacakan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Kemudian prosesi upacara dilanjutkan pembacaan dan penandatanganan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Acara kemudian dilanjutkan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Berdasarkan situs Kemendikbud, tema Hari Kesaktian Pancasila 2022 adalah 'Bangkit Bergerak Bersama Pancasila'. Tema tersebut juga menjadi slogan acara saat upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Simak Video 'Momen Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT