Mahfud Md: Pancasila Sering Diuji dan Ditentang tapi Selalu Menang

ADVERTISEMENT

Mahfud Md: Pancasila Sering Diuji dan Ditentang tapi Selalu Menang

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 01 Okt 2022 09:55 WIB
Mahfud Md di UGM, Sabtu (27/8/2022).
Menko Polhukam Mahfud Md. (dok. UGM)
Jakarta -

1 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila pascaperistiwa G30S/PKI tahun 1965. Menko Polhukam Mahfud Md menjelaskan maksud dari 'Kesaktian Pancasila'.

"Selamat Hari Kesaktian Pancasila. Apa arti kesaktian Pancasila (Pancasila sakti) itu? Artinya Pancasila selalu menjadi tempat kembali dan kesepakatan sebagai ideologi negara setiap ada ancaman bagi NKRI. Pancasila sering diuji dan ditentang tapi selalu menang. Itu arti Pancasila sakti," kata Mahfud di akun Twitter-nya, Sabtu (1/10/2022).

Setidaknya, menurut Mahfud, empat peristiwa di mana Pancasila dapat disebut sakti. Peristiwa itu meliputi dari sejarahnya, pemberontakan, hingga penyelenggaraan pemilu.

"Kesaktian Pancasila, minimal, bisa dicatat dalam 4 hal: 1) Melalui debat filosofi di BPUPK dan PPK (1945) kesepakatannya adalah Pancasila; 2) Melalui perkawanan fisik oleh DI/TII, PKI, RMS, dll yang menang Pancasila; 3) Melalui prosedur konstitusional (pemilu) pilihannya tetap Pancasila," tulis Mahfud.

Presiden Jokowi sebelumnya memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Sejumlah menteri hadir mengikuti upacara ini.

Upacara berlangsung di halaman Monumen Pancasila Sakti, Sabtu (1/10). Acara juga disiarkan di YouTube Sekretariat Negara. Jokowi bersama Wapres Ma'ruf Amin tampak memasuki lapangan upacara. Upacara kemudian dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

"Lapor upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 siap dimulai," kata komandan upacara kepada Jokowi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT