Polda Metro Jaya Siapkan Skenario Penjagaan Upacara Kesaktian Pancasila

ADVERTISEMENT

Polda Metro Jaya Siapkan Skenario Penjagaan Upacara Kesaktian Pancasila

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 01 Okt 2022 07:53 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menggelar rilis pengungkapan kasus pengoplosan elpiji di Mapolda Metro Jaya, Jumat (2/9/2022). Sebanyak 16 pelaku pengoplosan elpiji ditangkap dari berbagai tempat.
Kombes Endra Zulpan (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur hari ini. Polda Metro Jaya menyiapkan skenario penjagaan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, sebanyak 750 orang personel kepolisian diturunkan untuk mengamankan jalannya upacara.

"750 orang (yang berjaga)," kata Zulpan kepada detikcom, Sabtu (1/10/2022).

Zulpan mengatakan, personel yang ada berjaga bukan hanya di area Monumen Pancasila Sakti, tetapi juga di sepanjang Jalan Raya Pondok Gede menuju monumen.

"Iya berjaga di sepanjang jalan juga. Jadi untuk pengamanan kita buat menjadi tiga ring, ring satu, ring dua dan ring tiga," ujarnya.

Pengamanan dari personel kepolisian juga dilakukan secara terbuka dan tertutup untuk memastikan prosesi upacara berjalan lancar.

"Pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup. Yang terbuka yaitu anggota yang berpakaian dinas dan yang tertutup anggota yang berpakaian preman atau bukan dinas," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur hari ini. Sejumlah menteri bakal mendampingi.

"Besok upacara di lubang buaya, bapak presiden hadir sebagai Irup," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (30/9/2022).

Heru mengatakan Menhan Prabowo Subianto bakal hadir. Selain itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga bakal mendampingi Jokowi.

"Tentunya menteri terkait, menteri sosial, menteri pendidikan, para menko, para ketua lembaga, Pak Panglima TNI, dan Pak Kapolri," ujar Heru.

"Pak Menhan juga pasti dan beberapa menteri lainnya," sambung dia.

Dilansir situs Kemdikbud, tema Hari Kesaktian Pancasila 2022 adalah "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila". Tema tersebut juga menjadi slogan acara saat upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila nanti.

Upacara itu bakal digelar sekitar pukul 08.00 WIB. Para pejabat yang hadir dalam kegiatan upacara pusat Hari Kesaktian Pancasila di antaranya:

Inspektur Upacara: Presiden Republik Indonesia
Pembaca Teks Pancasila: Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Pembaca Naskah UUD RI Tahun 1945: Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI
Pembaca dan Penandatangan Ikrar: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI
Pembaca Doa: Menteri Agama RI

Simak Video 'Momen Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT