Jelang Upacara Kesaktian Pancasila, Monumen Pancasila Sakti Dijaga Ketat

ADVERTISEMENT

Jelang Upacara Kesaktian Pancasila, Monumen Pancasila Sakti Dijaga Ketat

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 01 Okt 2022 07:24 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan bakal memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur hari ini. Monumen Pancasila Sakti pun dijaga ketat pagi ini.

Pantauan detikcom, Sabtu (1/10/2022) terlihat personel gabungan sudah bersiaga di depan pintu masuk monumen Pancasila Sakti. Terlihat mereka mengamankan berjaga di sana.

Selain itu, penjagaan ketat personel sudah terlihat di sepanjang Jalan Raya Pondok Gede menuju monumen. Terlihat mereka berjaga di beberapa titik di sana.

Terlihat juga beberapa mobil pejabat negara sudah memasuki monumen, di antaranya mobil milik Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Aswanto.

Selain itu, di depan Monumen Pancasila Sakti juga terlihat masyarakat yang siap menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo.

Lalu lintas di sekitar lokasi terlihat ramai lancar. Hingga kini polisi masih berjaga dan memastikan arus lalu lintas berjalan lancar di sekitar monumen Pancasila Sakti.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan sebanyak 750 personel diturunkan untuk mengamankan upacara pagi ini. "750 orang," kata Zulpan saat dihubungi, Sabtu (1/10)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur hari ini. Sejumlah menteri bakal mendampingi.

"Besok upacara di lubang buaya, bapak presiden hadir sebagai Irup," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (30/9/2022).

Heru mengatakan Menhan Prabowo Subianto bakal hadir. Selain itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga bakal mendampingi Jokowi.

"Tentunya menteri terkait, menteri sosial, menteri pendidikan, para menko, para ketua lembaga, Pak Panglima TNI, dan Pak Kapolri," ujar Heru.

"Pak Menhan juga pasti dan beberapa menteri lainnya," sambung dia.

Dilansir situs Kemdikbud, tema Hari Kesaktian Pancasila 2022 adalah "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila". Tema tersebut juga menjadi slogan acara saat upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila nanti.

Upacara itu bakal digelar sekitar pukul 08.00 WIB. Para pejabat yang hadir dalam kegiatan upacara pusat Hari Kesaktian Pancasila di antaranya:

Inspektur Upacara: Presiden Republik Indonesia
Pembaca Teks Pancasila: Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Pembaca Naskah UUD RI Tahun 1945: Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI
Pembaca dan Penandatangan Ikrar: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI
Pembaca Doa: Menteri Agama RI

(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT