Jokowi Bakal Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI di Istana

ADVERTISEMENT

Jokowi Bakal Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI di Istana

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 13:03 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Upacara peringatan HUT ke-77 TNI bakal digelar di Istana Kepresidenan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan untuk menjadi inspektur upacara (Irup).

"Perlu kami jelaskan kepada seluruh masyarakat bahwa pada 5 Oktober acara HUT TNI ke-77 diadakan di Istana dilanjutkan dengan defile sampai dengan Bundaran HI," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (30/9/2022).

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono mengatakan bakal ada beberapa atraksi yang ditampilkan di upacara HUT TNI. Salah satunya manuver pesawat tempur F16.

"Irupnya direncanakan Bapak Presiden RI. kemudian kami akan menyampaikan rangkaian setelah upacara. Bapak Presiden akan menyampaikan demo beberapa atraksi pesawat TNI angkatan udara. Nanti ada fly pass pesawat F16. Kemudian ada helikopter yang membawa giant flag. Kemudian ada acrobatic dari jupiter," ujar Eko.

Setelah itu, Jokowi akan melakukan video conference dengan sejumlah prajurit. Para prajurit itu berada di sejumlah titik perbatasan Indonesia.

"Yang pertama di perbatasan RI Kalimantan di PLBN Entikong. Kemudian di PAM terluar di Sangihe-Talaud. Kemudian ketiga di perbatasan RI-PNG di sektor selatan. Khususnya di Merauke. yakni di PLBN Sota. Dan yang terakhir di perbatasan antara RI dengan Timor leste yang ada di PLBN Mota Ain," imbuh Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi juga diagendakan untuk menuju ke depan Istana. Jokowi bakal melihat kendaraan tempur yang dimiliki TNI.

"Kemudian presiden keluar menuju ke depan istana ke jalan. Di sana presiden akan melihat beberapa kendaraan tempur yang terbaru yang kita miliki. Yang akan kita tampilkan secara statis," ujar Eko.

Jokowi kemudian menuju ke panggung untuk menerima defile pasukan TNI dan alutsista. Ada sejumlah kendaraan tempur yang dihadirkan.

"Di mana nanti di pasukan ada drum band ya juga, kemudian setelah itu pasukan yang ikut upacara dan defile ranpur. Sebanyak 63 ranpur," kata Eko.

Simak juga 'Syarat Tinggi Badan Taruna Direvisi, Sampai Usia Berapa Tinggi Bisa Bertambah?:

[Gambas:Video 20detik]



(knv/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT