ADVERTISEMENT

Melihat Lagi Momen-momen Upacara HUT ke-77 RI di Istana

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 07:36 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) bertepuk tangan usai pengibaran bendera Merah Putih dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). HUT ke-77 RI tersebut mengangkat tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. ANTARA FOTO/POOL/Sigid Kurniawan/rwa.
Momen Upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka (Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta -

Sejumlah momen terekam dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI di Istana Merdeka kemarin. Ada momen yang membuat pecah yakni ketika Iriana Jokowi hingga para menteri kabinet joget.

Perayaan HUT ke-77 RI digelar meriah di Istana Merdeka. Peringatan upacara ini kembali mengundang langsung masyarakat datang ke Istana setelah dua tahun vacum karena pandemi.

Masyarakat yang mendapat undangan pun menyambut antusias. Ribuan masyarakat datang menggunakan beragam pakaian adat.

Sejumlah momen pun terekam saat perayaan HUT ke-77 RI di Istana. Simak rangkumannya:

Jokowi-Iriana Pakai Baju Adat Dolomani

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara, saat memimpin upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan baju adat di HUT RI itu merupakan ide langsung dari Jokowi.

"Idenya dari beliau untuk bisa para pejabat/menteri bisa melestarikan sambil merayakan hari bersejarah," kata Heru kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Jokowi dan Iriana Saat Upacara HUT ke-77 RI Memakai Baju Adat ButonJokowi dan Iriana Saat Upacara HUT ke-77 RI Memakai Baju Adat Buton (Foto: Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Heru mengatakan baju adat itu dipakai untuk melestarikan budaya Indonesia. Selain itu, baju adat sebagai kekayaan budaya Indonesia juga tidak boleh dicuri negara lain.

"Supaya kita bisa melestarikan mempromosikan menyampaikan kepada dunia luar bahwa kita memiliki nilai historis yang tinggi, seni yang tinggi dan patut dan wajar dilestarikan. Termasuk tidak boleh di-copy negara lain. Ini loh kami kita negara RI punya baju adat dan harus dipromosikan," kaya Heru.

Wapres Ma'ruf Amin dan Istri Pakai Baju Adat Banten

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin ikut mengenakan pakaian adat dalam upacara HUT ke-77 RI. Berbeda dengan Jokowi, Ma'ruf Amin mengenakan pakaian adat Provinsi Banten.

Ma'ruf Amin tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 09.45 WIB, Rabu (17/8/2022). Ma'ruf datang didampingi Ibu Wury Ma'ruf Amin, yang juga mengenakan pakaian adat Banten.

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memakai pakaian adat Provinsi Banten. (dok.setwapres)Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memakai pakaian adat Provinsi Banten. (dok.setwapres)

Ma'ruf diketahui mengenakan pakaian adat tanah kelahirannya. Pakaian ini terdiri atas iket lomar bermotif Tapak Kebo, baju dalam putih dengan kerah tinggi, jas hitam bermotif daun hanjuang emas, kain simpang bermotif serupa iket, serta dipadukan dengan celana dan sepatu hitam.

Sementara itu, Ibu Wury tampak anggun mengenakan kebaya berwarna putih yang dipadukan dengan kerudung hitam berbalut putih. Selain itu, Ibu Wury mengenakan selendang dan bawahan bermotif batik emas.

Simak selengkapnya di halaman berikut

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT