ADVERTISEMENT

Dinkes DKI: Pandemi Belum Usai, Jakarta Masih PPKM Level 1

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 10:15 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi COVID-19 (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menekankan saat ini pandemi COVID-19 belum selesai. Provinsi DKI Jakarta pun saat ini masih menjalani Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

"Pandemi belum selesai, PPKM masih level 1," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti dalam diskusi yang ditayangkan akun YouTube Pemprov DKI Jakarta yang dilihat Jumat (30/9/2022).

Widyastuti pun menyatakan Pemprov DKI optimistis dapat mengatasi pandemi COVID-19 sampai akhir. Saat ini pun, pihaknya terus menggalakkan program vaksinasi COVID-19 hingga tingkat RT-RW di Kota Jakarta.

"Kita optimistis insyaallah dengan kolaborasi bersama kita bisa mengatasi pandemi," jelasnya.

Terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan pencabutan status PPKM merupakan kewenangan pemerintah pusat. Prinsipnya, Pemprov DKI sampai saat ini terus berada di garda terdepan penanganan pandemi COVID-19.

"Kewenangan seperti itu ada di pemerintah pusat bukan Pemprov, kami akan dukung dan laksanakan apapun kebijakan dari pemerintah pusat mengenai pandemi," kata Riza.

"Selama ini kan kami berada terus di bagian garda terdepan, mulai dari PCR, vaksin, semua pengendalian COVID kami laksanakan," lanjutnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan RI masih menunggu kebijakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menyusul mengakhiri kebijakan pembatasan COVID-19 di tengah tren COVID-19 menurun. Belakangan, muncul usulan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk segera dicabut dan fokus pada percepatan vaksinasi.

"Kita masih terus melihat perkembangan yang ada, kasus konfirmasi masih sekitar 2.000-an potensi mutasi masih ada cakupan vaksinasi booster harus ditingkatkan," jelas Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi, Kamis (22/9).

"Jadi kita masih memantau perkembangannya termasuk juga gimana kebijakan WHO pandemi itu kesepakatan global, jd nanti kita lihat perkembangannya kebijakan negara lain pasti akan menjadi benchmark kita," terang dr Nadia.

Simak juga 'Jawaban Kemenkes dan Satgas Covid-19 soal Kapan PPKM Dicabut':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT