Belum Ditutup, Begini Kondisi Jalan Pangkalan 1A Bekasi yang Longsor

ADVERTISEMENT

Belum Ditutup, Begini Kondisi Jalan Pangkalan 1A Bekasi yang Longsor

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 10:05 WIB
Jalan Pangkalan 1A, Bantargebang, Bekasi longsor.
Foto: Jalan Pangkalan 1A, Bantargebang, Bekasi longsor. (Wildan Noviansah/detikcom)
Bekasi -

Longsor terjadi di Jalan Pangkalan 1A, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Jalan tersebut belum ditutup, meskipun sebagian permukaan lainnya terlihat amblas karena longsor.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 09.30 WIB, Jumat (30/9/2022) terlihat setengah ruas jalan tersebut amblas. Setengah median jalan yang masih tersisa terlihat miring. Beberapa patahan jalan pun terlihat terjatuh ke jurang.

Terlihat juga garis pembatas berwarna hitam kuning dan pagar darurat dipasang untuk menjaga pengendara agar tak terjatuh ke area longsor. Selain itu, terlihat juga kabel listrik yang menjuntai berserakan di atas tanah.

Meksipun kondisinya demikian, masih terlihat kendaraan baik roda dua ataupun roda empat melintas. Terlihat mereka silih bergantian melaju karena hanya sebagian ruas jalan yang bisa digunakan. Selain itu, di lokasi juga terlihat satu alat berat beko yang tengah mengeruk tanah di lokasi longsor.

Salah seorang warga di lokasi, Margana (41) mengatakan longsor tersebut sudah terjadi sejak tahun 2020 silam.

"Longsor nya sebetulnya sudah terjadi dari tahun 2020 waktu banjir gede itu, cuman longsor nya masih kecil," kata dia di lokasi, Jumat (30/9).

Namun, karena tak kunjung dibenahi dan banyaknya lalu lalang kendaraan, lanjut Margana, akhirnya jalan yang ambles membesar.

"Karena getaran kendaraan kan jadi nya gede gini," ujarnya.

Dishub Segera Tutup Jalan

Kondisi itu membuat Dinas Perhubungan menutup area tersebut. Dinas Perhubungan menyimpulkan bahwa jalanan bahaya untuk dilalui.

"Demi keamanan dan kenyamanan bersama dalam berlalu lintas, melihat kondisi Jalan Pangkalan 1A yang dapat membahayakan pengguna jalan. Maka Jalan Pangkalan 1A Batargebang akan segera ditutup," tulis Dishub Kota Bekasi, dalam unggahannya, seperti dilihat detikcom, Kamis (29/9).

"Dan bagi pengguna jalan yang hendak melewati jalan tersebut, agar menggunakan jalan alternatif lainnya," katanya.

Jalan Pangkalan 1A, Bantargebang, Bekasi longsor.Foto: Jalan Pangkalan 1A, Bantargebang, Bekasi longsor. (Wildan Noviansah/detikcom)
(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT