Mahfud Respons AHY: Kasus Hukum Lukas Enembe Tak Ada Hubungan dengan Politik

ADVERTISEMENT

Mahfud Respons AHY: Kasus Hukum Lukas Enembe Tak Ada Hubungan dengan Politik

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 06:46 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD saat berada di Surabaya
Foto: Esti Widiyana/detikJatim
Jakarta -

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan ada dua intervensi terkait cawagub pendamping Gubernur Papua Lukas Enembe. Menko Polhukam Mahfud Md menilai tidak ada kausalitas antara intervensi dengan kasus dugaan korupsi yang saat ini sedang membelit Lukas Enembe.

"Kasus hukum Lukas Enembe itu tak ada hubungannya dengan politik. Secara hukum pidana, keduanya masalah yang tak ada hubungan kausalitas karena merupakan dua peristiwa yang berbeda," kata Mahfud saat dihubungi detikcom, Kamis (29/9/2022).

Mahfud mengibaratkan dengan tugas seorang jurnalis yang sedang meliput bencana tsunami namun ditetapkan sebagai tersangka. Menurutnya dua hal itu merupakan peristiwa berbeda yang tidak ada sebabnya.

"Sama dengan, misalnya, seorang wartawan jadi tersangka, padahal dia sedang menulis berita tentang ombak tsunami. Itu bukan berarti ada hubungan antara penegakan hukum dan wartawan membuat reportase tentang tsunami. Dua-duanya memang fakta tapi tak ada hubungan kausalitasnya," ujarnya.

Mahfud memandang apa yang disampaikan AHY mengenai proses hukum terhadap Lukas Enembe bagus. Sebab, AHY selaku Ketum Partai Demokrat menghormati proses hukum.

"Dalam hukum pidana itu harus ada hubungan kausalitas atau sebab bersebab. Yang saya dengar dari AHY justru bagus yakni akan menghormati proses hukum dan akan memberi pembelaan kepada LE. Itu sikap supportif AHY," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'AHY Duga Penetapan Tersangka Lukas Enembe Ada Muatan Politik':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT