Polisi Terima 'Uang Damai' saat Nilang di Tol Bocimi Didemosi!

ADVERTISEMENT

Polisi Terima 'Uang Damai' saat Nilang di Tol Bocimi Didemosi!

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 14:02 WIB
Ilustrasi Polisi Lalu-lintas (Polantas)
Ilustrasi polantas,tidak terkait dengan artikel berita (Ari Saputra/detikcom)
Bogor -

Polres Bogor menindak tegas oknum anggota Polsek Cijeruk yang diduga terima 'uang damai' dari pelanggar lalu lintas di Exit Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi). Oknum polisi berinisial EF dimutasi hingga didemosi.

"Dengan adanya video viral di Tiktok, yang itu dilakukan oleh anggota Lalu Lintas Polsek Cijeruk, kami sudah melakukan penindakan terhadap yang bersangkutan," kata Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin, kepada wartawan, Kamis (29/9/2022).

Demosi adalah hukuman berupa mutasi bagi anggota Polri ke jabatan yang lebih rendah. Demosi merupakan mutasi yang bersifat ukan promosi dan diberikan dalam jangka waktu tertentu.

EF juga akan diajukan ke sidang kode etik terkait pelanggaran disiplin yang dilakukannya. EF sudah menjalani pemeriksaan Propam.

"Yang bersangkutan saat ini sudah kami mutasi, demosi. Kemudian yang bersangkutan juga dilakukan penegakkan hukum untuk disiplin dan kode etiknya, dan sudah dilakukan pemeriksaan oleh Propram Polres Bogor dan Bid Propam Polda Jabar," sambungnya.

Iman menjelaskan bahwa mulanya EF menilang pemobil yang melakukan pelanggaran. Saat ditilang, pemobil tersebut menawarkan sejumlah 'uang damai' kepada EF.

"Memang yang terjadi adalah ketika si pengendara melalukan pelanggaran lalin, kemudian pada saat mau dilakukan penilangan, si pengendara meminta untuk 'damai' dalam tanda negatif," paparnya.

Terima 'Uang Damai'

EF sempat menolak ajakan 'damai' dari pemobil tersebut. Namun, dengan alasan titip sidang, EF menerima 'uang damai' dari pemobil.

"Kemudian sempat ditolak juga. Kemudian dengan alasan titip sidang, yang bersangkutan menerima uang," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah video anggota polisi marah-marah kepada pengemudi mobil, viral di media sosial. Dinarasikan polisi itu marah-marah setelah meminta uang kepada penumpang dan sopir travel gelap, tetapi ditolak. Propam Polres Bogor turun tangan menyelidiki kejadian ini.

Dalam video yang dilihat detikcom, Rabu (28/9/2022), terlihat oknum polisi tersebut memarahi pengendara mobil di bahu jalan. Dalam narasi disebutkan oknum polisi tersebut menilang mobil travel dengan alasan muatan di atas mobil penuh.

Oknum polisi itu juga disebutkan hendak menilang sopir dengan alasan angkutan travel gelap. Oknum polisi tersebut juga terlihat marah-marah ketika tindakannya itu direkam perempuan dan mengancam dengan ITE.

Dimintai konfirmasi, Kasi Humas Polres Bogor Iptu Desi Triana mengatakan bahwa anggota polisi tersebut bertugas di Polsek Cijeruk. Dia saat ini sedang diperiksa SiePropam Polres Bogor untuk dimintai keterangan terkait peristiwa itu.

"Iya betul lagi diperiksa (Propam), sudah ditindak lanjuti, sudah dipanggil yang bersangkutan, dimintai keterangan, klarifikasi," kata Desi saat dihubungi.

Lihat juga video 'Detik-detik Mobil Tabrak Angkot di Sukabumi Sebabkan 3 Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT