Persatuan Jaksa KPK Bangga Johanis Tanak Terpilih Gantikan Lili Pintauli

ADVERTISEMENT

Persatuan Jaksa KPK Bangga Johanis Tanak Terpilih Gantikan Lili Pintauli

M Hanafi Aryan - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 13:51 WIB
Uji kelayakan dan kepatutan capim KPK kembali berlanjut hari ini, Kamis (12/9). Johanis Tanak jadi salah satu capim KPK yang diuji Komisi III DPR hari ini.
Johanis Tanak (Foto: Lamhot Aritonang-detikcom)
Jakarta -

Persatuan Jaksa (Persaja) perwakilan KPK mengaku bangga Johanis Tanak terpilih sebagai Wakil Ketua KPK menggantikan Lili Pintauli Siregar. Persaja KPK berharap hubungan antarpenegak hukum semakin erat.

"Harapan kami, semoga dengan terpilihnya beliau, semakin mempererat dan memperkuat sinergi Aparat Penegak Hukum dalam upaya bersama menuntaskan agenda-agenda pemberantasan korupsi," kata Ketua Persaja Perwakilan KPK Budhi Sarumpaet dalam keterangannya, Kamis (29/9/2022).

"Persatuan Jaksa Indonesia Perwakilan KPK, mengucapkan selamat dan bangga dengan terpilihnya Johanis Tanak sebagai Pimpinan KPK," sambungnya.

Budhi menyebut Johanis Tanak diharapkan membuat KPK semakin profesional. Dia mengatakan Johanis Tanak diharapkan memperkuat pendidikan antikorupsi hingga penindakan.

"Sehingga KPK semakin profesional dan mendukung berbagai langkah strategi KPK melalui upaya Pendidikan anti korupsi, pencegahan dan penindakan," tutur Budhi.

Johanis Tanak terpilih menjadi Wakil Ketua KPK dalam pemilihan di Komisi III DPR RI kemarin. KPK pun optimis dengan terpilihnya Johanis Tanak.

"Komisi Pemberantasan Korupsi menyambut optimis terpilihnya Pimpinan KPK pengganti, Johanis Tanak," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (29/9).

"Dengan latar belakang yang sarat pengalaman dari Kejaksaan Agung, akan menjadi penguat pemberantasan korupsi yang diemban KPK," imbuhnya.

Ali menyebut terpilihnya Johanis Tanak bakal menguatkan hubungan antaraparat penegak hukum. Dia mengatakan KPK selalu berkoordinasi dengan aparat penegak hukum lain dalam penanganan kasus korupsi.

"Tidak hanya itu, dengan terpilihnya Johanis Tanak, juga bisa meningkatkan dan menguatkan sinergi antar-APH. Di mana KPK juga diamanahi oleh UU untuk melakukan koordinasi dan supervisi penanganan perkara tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Kejaksaan maupun Kepolisian," tuturnya.

"Penguatan sinergi antar APH kini menjadi semakin solid salah satunya melalui SPPT-TI. Dengan sistem tersebut penanganan perkara oleh setiap APH dilakukan dengan lebih transparan sehingga publik bisa ikut memantau dan mengawasi setiap prosesnya," sambungnya.

Simak video 'Johanis Tanak Jadi Pimpinan KPK Gantikan Lili Pintauli':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT