Putri Candrawathi Bakal Wajib Lapor ke Bareskrim Besok, Akan Ditahan?

ADVERTISEMENT

Putri Candrawathi Bakal Wajib Lapor ke Bareskrim Besok, Akan Ditahan?

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 10:25 WIB
Tas Gucci Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi
Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Berkas perkara para tersangka pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) sudah lengkap atau P21, termasuk Ferdy Sambo maupun istrinya Putri Candrawathi. Namun, Putri belum kunjung ditahan dan akan melakukan wajib lapor pada hari esok.

"Besok (wajib lapor)," kata pengacara Putri Candrawathi, Arman Hanis saat dimintai konfirmasi, Kamis (29/9/2022).

Arman mengatakan kliennya itu belum dilakukan evaluasi kesehatan secara fisik maupun psikologis. Diketahui, memang Putri diwajibkan melakukan wajib lapor dua kali dalam seminggu.

"Belum ada evaluasi, silahkan ditanyakan ke penyidik kapan pemeriksaannya," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Polri tengah mengevaluasi kesehatan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, menjelang pengumuman berkas perkara para tersangka pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), apakah akan dinyatakan lengkap atau tidak oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Putri merupakan tersangka yang tidak ditahan dalam kasus ini.

"Hasil komunikasi dengan penyidik bahwa penyidik saat ini sedang fokus melakukan evaluasi terkait kesehatan Bu PC, ya baik dari fisik maupun psikisnya. Nanti, apabila sudah dapat surat rekomendasi dari dokter yang bersangkutan dinyatakan sehat dari sisi fisik maupun psikisnya, maka penyidik akan mengambil langkah-langkah lebih lanjut setelah berkas perkara dinyatakan P21," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Selasa (27/9).

Dedi mengatakan pihaknya berencana melakukan penyerahan tersangka serta barang bukti (tahap II) pada pekan depan jika minggu ini berkas perkaranya dinyatakan lengkap.

"Kemudian, setelah P21, tentunya apabila minggu ini telah dinyatakan P21, minggu depan baru akan dilaksanakan penyerahan tersangka dan barang bukti kepada JPU. Untuk proses kesiapan persidangan lebih lanjut," ujarnya.


Kata Polri soal Kemungkinan PC Ditahan Usai Berkas Lengkap

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, belum dilakukan penahanan sejak ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) bahkan hingga berkas perkara kasus ini lengkap atau P21. Polri mengatakan pihaknya telah mengevaluasi Putri salah satunya pada unsur kesehatan.

"Kemarin saya sampaikan bahwa penyidikan tahap ini sudah melakukan evaluasi kesiapan yang bersangkutan. Apabila ada perkembangan lebih lanjut dari penyidik tentunya nanti juga saya sampaikan kepada teman-teman," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Rabu (28/9/2022).

Dedi mengatakan hal ini merupakan teknis penyidik. Jika nanti Putri ditahan tentunya penyidik langsung yang akan menyampaikan.

Sebagai informasi, Brigadir Yosua tewas ditembak di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7). Polisi sempat menyebut kasus ini merupakan tembak-menembak antara Brigadir Yosua dan Bharada Eliezer yang diawali dugaan pelecehan terhadap istri Ferdy sambo, Putri Candrawathi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membentuk tim khusus untuk mengusut kasus ini. Setelah melakukan penyidikan, polisi menyatakan dugaan pelecehan di Duren Tiga ternyata tidak ada. Polisi juga menyebut peristiwa yang terjadi ialah penembakan, bukan tembak-menembak.

Polisi menetapkan lima orang sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Yosua. Mereka ialah Irjen Ferdy Sambo, Bharada Eliezer, Bripka Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf, dan Putri Candrawathi. Empat tersangka, kecuali Putri, sudah ditahan.

Berikut tujuh tersangka yang berkasnya telah diterima Kejagung di kasus obstruction of justice:

1. Brigjen Hendra Kurniawan selaku mantan Karopaminal Divisi Propam Polri
2. Kombes Agus Nurpatria selaku mantan Kaden A Biropaminal Divisi Propam Polri
3. AKBP Arif Rahman Arifin selaku mantan Wakadaen B Biropaminal Divisi Propam Polri
4. Kompol Baiquni Wibowo selaku mantan PS Kasubbagriksa Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri
5. Kompol Chuck Putranto selaku mantan PS Kasubbagaudit Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri
6. AKP Irfan Widyanto selaku mantan Kasubnit I Subdit III Dittipidum Bareskrim Polri
7. Irjen Ferdy Sambo selaku mantan Kadiv Propam Polri

Simak Video 'Putri Candrawathi Bakal Ditahan Besok? Ini Kata Pengacara':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/yld)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT