Limbah Hitam di Bekas Galian di Cilegon Bau Menyengat, Polisi-DLH Selidiki

ADVERTISEMENT

Limbah Hitam di Bekas Galian di Cilegon Bau Menyengat, Polisi-DLH Selidiki

M Iqbal - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 15:52 WIB
Limbah hitam menyengat di bekas galian di Cilegon (M Iqbal/detikcom)
Limbah hitam menyengat di bekas galian di Cilegon (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Limbah hitam pekat disertai bau menyengat ditemukan menumpuk di bekas galian C di Ciwandan, Cilegon. Polisi hingga Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon turun tangan untuk mengecek keberadaan limbah.

Limbah itu menumpuk di bekas galian C di Lingkungan Cilurah, Kecamatan Ciwandan. Belum diketahui sudah berapa lama limbah itu memenuhi bekas galian.

Tumpukan limbah itu tampak mencair dan berwarna hitam pekat. Di atas permukaannya terdapat tumpukan karung putih.

"Memang kalau melihat kondisi lapangan kita rasakan bau ini, kita dengan teman-teman yang ada di sini juga merasakan baunya," kata Koordinator Pengaduan Dinas Lingkungan Hidup, Mahfud, kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

Pihaknya belum memastikan jenis dan asal limbah hingga dibuang ke tempat tersebut. Petugas DLH datang untuk mengecek keberadaan limbah dan mengambil sampel.

"Kita belum bisa memastikan ini limbahnya dari mananya, insyaallah akan cari formasi penanganannya seperti apa, setelah dari sini akan laporan ke kepala dinas. Tadi kita mengukur pH di air seperti apa, kita belum lihat karena belum kering hasilnya," ujarnya.

Selain petugas DLH, polisi juga tampak ke lokasi pembuangan limbah untuk proses penyelidikan. Petugas kepolisian tampak memeriksa berbagai sisi terkait pencemaran limbah tersebut.

"Terkait limbah di Ciwandan kami sudah melakukan langkah-langkah penyelidikan anggota sudah mengecek ke lapangan," kata Kasat Reskrim Polres Cilegon AKP Mochamad Nandar saat dimintai konfirmasi.

Polisi belum memastikan siapa pembuang limbah. Pihaknya masih mengumpulkan keterangan dari beberapa saksi, termasuk warga sekitar.

Lihat juga video 'Warga Sebut Truk Tinja Buang Limbah Sembarangan Sudah Sering':

[Gambas:Video 20detik]



(bal/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT