Sekda DKI Marullah Matali soal Pj Gubernur: Jangan Mimpi

ADVERTISEMENT

Sekda DKI Marullah Matali soal Pj Gubernur: Jangan Mimpi

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 12:22 WIB
Pemprov DKI Jakarta meninjau ketersediaan pangan selama lebaran di Pasar Senen, Jakpus. Sekda DKI Jakarta, Marullah, menyebut ketersediaan dan harga sembako aman. (Anggi M/detikcom)
Marullah (Anggi M/detikcom)
Jakarta -

Nama Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta masuk dalam bursa calon Pj Gubernur pengganti Anies Baswedan yang diusulkan oleh DPRD DKI Jakarta. Merespons hal ini, Marullah mengaku enggan bermimpi soal menjadi Pj Gubernur menggantikan Anies.

"Saya tidak mimpi hari ini," kata Marullah Matali saat ditemui di Hotel Aryaduta, Jalan KKO Usman, Jakarta Pusat, Rabu (28/9/2022). Marullah ditanyai soal kesiapan menjadi Pj Gubernur jika ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo.

Marullah enggan menanggapi lebih lanjut terkait Pj Gubernur. Dia hanya mengutip potongan surat Ali-Imran ayat 26. Ayat itu menceritakan mengenai Allah sebagai pemilik kekuasaan, memberikan kekuasaan kepada orang yang dikehendaki-Nya.

"Tanggapannya cuma qulillahumma malikal mulki tu'til mulka mantasya. Nggak usah diartiin, itu saja komentar saya," jawabnya.

Marullah sempat dicecar pertanyaan apakah akan melanjutkan program normalisasi jika terpilih menjadi Pj Gubernur. Namun Marullah kembali berbicara soal mimpi.

"Jangan mimpi," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, ada tiga nama yang diusulkan DPRD DKI Jakarta ke Kemendagri untuk menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta. Mereka adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali, serta Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar.

Nama ketiganya disetujui dalam Rapimgab DPRD DKI yang digelar pada Selasa (13/9). DPRD DKI pun kemudian menyerahkan usulan nama-nama itu ke Kemendagri pada Rabu (15/9). Kemendagri nantinya akan melakukan verifikasi terhadap ketiga nama kandidat Pj Gubernur usulan DPRD DKI tersebut.

Setelah itu, nama-nama calon Pj Gubernur DKI usulan DPRD akan dibahas dalam sidang TPA bersama nama usulan Kemendagri. Sidang TPA akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama lembaga terkait. Selanjutnya, Jokowi-lah yang akan menentukan siapa yang akan duduk menjabat di kursi nomor satu DKI.

Simak juga 'Wapres Bocorkan Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT