Bahtiar Kemendagri soal Calon Pj Gubernur DKI: Amin

ADVERTISEMENT

Bahtiar Kemendagri soal Calon Pj Gubernur DKI: Amin

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 13:46 WIB
Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Bahtiar
Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

DPRD DKI Jakarta telah mengirimkan tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Salah satu calon, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar, mengamini namanya diusulkan menjadi calon Pj Gubernur DKI.

"Amin," kata Bahtiar di Hotel Trans Resort Bali, Selasa (27/9/2022).

Bahtiar hanya menjawab singkat terkait persiapannya. Ia enggan berkomentar lebih jauh setelah dirinya diusulkan menjadi calon Pj Gubernur DKI pengganti Anies.

Untuk diketahui, Bahtiar pernah menjabat Pj Gubernur Kepulauan Riau pada 2019.

"Terus yang lainnya komitmennya sama saya pernah dipercaya Presiden oleh Mendagri untuk laksanakan sebagai Pj Gubernur Kepri pada 2019 saat pandemi COVID dan di saat pilkada," ucap Bahtiar.

3 Nama Calon Pj Gubernur DKI

Diketahui ada tiga nama yang diusulkan DPRD DKI Jakarta ke Kemendagri untuk menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta. Mereka adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali, serta Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar.

Nama ketiganya disetujui dalam Rapimgab DPRD DKI yang digelar pada Selasa (13/9). DPRD DKI pun kemudian menyerahkan usulan nama-nama itu ke Kemendagri pada Rabu (15/9). Kemendagri nantinya akan melakukan verifikasi terhadap ketiga nama kandidat Pj Gubernur usulan DPRD DKI tersebut.

Setelah itu, nama-nama calon Pj Gubernur DKI usulan DPRD akan dibahas dalam sidang TPA bersama nama usulan Kemendagri. Sidang TPA akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama lembaga terkait. Selanjutnya, Jokowi-lah yang akan menentukan siapa yang akan duduk menjabat di kursi nomor satu DKI.

Simak juga video 'Heru Budi Soal Gantikan Anies: Hari Esok Penuh Misteri':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT