Anies Banggakan Sekolah Net Zero Pertama di RI, Anggaran Capai Rp 126 M

ADVERTISEMENT

Anies Banggakan Sekolah Net Zero Pertama di RI, Anggaran Capai Rp 126 M

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 10:49 WIB
Gubernur Jakarta Anies Baswedan di SDN Ragunan 09, Jaksel, 28 September 2022. (Bagus Putra Laksana/detikcom)
Foto: Gubernur Jakarta Anies Baswedan di SDN Ragunan 09, sekolah dengan konsep net zero carbon (Bagus Putra Laksana/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta meresmikan empat gedung sekolah berkonsep Net Zero 2022. Revitalisasi keempat gedung sekolah menelan anggaran Rp 126 miliar.

"Kalau yang sekarang ini Rp 126 miliar untuk 4 sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana di SD Negeri Ragunan 08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022) pagi.

Sumber anggaran berasal dari APBD DKI Jakarta. Adapun, anggaran per tiap sekolah berkisar antara Rp 20-30 miliar tergantung pada luasan bangunan.

"Satu sekolah itu rata-rata 20 sampai 30 miliar, tergantung luas bangunannya," ujarnya Nahdiana.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam pemaparannya menjelaskan, beberapa sekolah yang letaknya berdekatan akan dibangun menerapkan konsep integrasi. Sebagai contoh, SDN 08 Ragunan nantinya akan tersambung dengan SMP 41 Jakarta Selatan karena lokasinya saling berdekatan.

"Jadi tidak dibangun terpisah-pisah, tapi dibangun satu kesatuan, ini juga begitu. Di samping masih ada sekolah yang lama, SMP 41. Nantinya SMP 41 juga akan direhab total dan bangunannya terintegrasi dengan bangunan ini. Jadi nanti antaranak itu bisa berinteraksi dan itulah konsep pembelajaran yang baru," jelasnya.

Anies memandang Jakarta saat ini memulai sejarah baru melalui pembangunan sekolah green building berkonsep net zero carbon. Dia meyakini upaya ini menandakan para guru siap mengajar sesuai konsep abad 21.

"Saya sering mengatakan dalam pendidikan kita, di mana siswanya abad 21, gurunya abad 20 dan sekolahnya abad 19 dalam sebuah tempat yang sama. Sekarang kita sudah mulai bergerak ke abad 21. Gurunya dengan pembelajaran pemanfaatan teknologi sehingga mereka siap menjadi guru yang mengajar dengan konsep abad 21" kata dia.

Anies juga mengklaim revitalisasi sekolah negeri menjadi konsep net zero ini yang pertama di Indonesia. Di mana, gedung-gedung yang dibangun pada abad 19 kini disulap menjadi gedung berpola abad 21.

"Gedungnya yang semua gedung pola abad-19 sekarang sudah jadi gedung abad 21. Jadi ini adalah sekolah negeri pertama di Indonesia yang menggunakan konsep net zero dan dengan konsep seperti ini," tutur dia.

Simak selengkapnya pada halaman berikut.

Saksikan Video 'Resmikan Sekolah Net Zero, Anies: Gedung Abad 19, Kini Abad 21':

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT