Anies Baswedan Resmikan Sekolah Net Zero, Apa Itu?

ADVERTISEMENT

Anies Baswedan Resmikan Sekolah Net Zero, Apa Itu?

Tiara Aliya Azzahra, Bagus Putra Laksana - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 08:55 WIB
Jakarta -

Gubernur Jakarta Anies Baswedan meresmikan gedung sekolah Net Zero 2022. Sekolah jenis apakah net zero itu?

Bangunan berkonsep Net Zero Carbon adalah bangunan dengan emisi rendah, hemat saat beroperasi, dan sebagian besar kebutuhan energinya dipasok dari sumber energi terbarukan sehingga emisi karbonnya sangat minim.

Anies meresmikan empat gedung sekolah Net Zero 2022 dari SD Negeri Ragunan 08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022) pagi. Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan DKI Nahdiana hingga anggota DPRD DKI komisi bidang pendidikan, Johnny Simanjuntak.

"Hari ini kita turut menjadi saksi peristiwa bersejarah. Tadi sudah diungkapkan bahwa hari ini di Jakarta resmi menjadi tempat pertama sekolah negeri memiliki net zero school, sekolah dengan konsep green building," kata Anies dari mimbar.

Empat sekolah Net Zero 2022 adalah SD Negeri Ragunan 08, SDN Grogol Selatan 09, SDN Duren Sawit 14, dan SMAN 96 Jakarta.

"Saya ingin sampaikan terima kasih kepada yang terlibat, kemudian kepada Green Building Council yang telah membantu dalam prosesnya," kata Anies.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan di SDN Ragunan 09, Jaksel, 28 September 2022. (Bagus Putra Laksana/detikcom)Gubernur Jakarta Anies Baswedan di SDN Ragunan 09, Jaksel, 28 September 2022. (Bagus Putra Laksana/detikcom)

Dia menjelaskan, Jakarta berkomitmen menurunkan 30% emisi gas rumah kaca tahun 2030. Saat ini, Jakarta sudah mencapai 26%, tersisa 4% lagi. Pada 2050 nanti, Jakarta ingin menjadi kota yang Net Zero Emmission.

"Dan kita berharap semua sekolah di Jakarta hari ini mulai dengan empat sekolah nantinya semua sekolah di Jakarta adalah sekolah berkonsep green building dengan rancangan abad 21. Itu harapan kita," kata dia.

(dnu/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT