Hakim Itong Dituntut 7 Tahun Bui di Sidang Suap 'Peluru untuk Uang Kopi'

ADVERTISEMENT

Hakim Itong Dituntut 7 Tahun Bui di Sidang Suap 'Peluru untuk Uang Kopi'

Suparno - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 18:37 WIB
Hakim Itong mengikuti sidang tuntutan melalui virtual
Hakim Itong mengikuti sidang tuntutan melalui virtual. (Suparno/detikJatim)
Sidoarjo -

Jaksa penuntut umum (JPU) KPK menuntut Itong Isnaeni Hidayat dengan pidana penjara 7 tahun. JPU KPK menilai hakim Pengadilan Negeri Surabaya nonaktif itu terbukti bersalah dalam kasus suap PT Soyu Giri Primedika (SGP).

Sidang pembacaan tuntutan dilaksanakan di Pengadilan Tipikor pada Selasa (27/9/2022) siang. Terdakwa Itong Isnaeni Hidayat tidak hadir secara langsung, namun mengikuti sidang dengan cara virtual.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Itong Isnaeni Hidayat dengan pidana penjara selama 7 tahun, dan membayar denda Rp 300 juta subsider 6 bulan kurungan. Serta wajib menjalani tahanan," kata jaksa KPK, Wawan, seperti dilansir detikJatim, Selasa (27/9).

Jaksa KPK juga membebankan ganti rugi uang pengganti sebesar Rp 390 juta. Jika tidak dibayar, Itong wajib menjalani hukuman pengganti selama 1 tahun penjara.

Mulyadi, kuasa hukum Itong Inaeni Hidayat mengatakan akan mengajukan pledoi atas tuntutan tersebut. Pleidoi akan dibacakan pada agenda sidang selanjutnya.

"Kami akan ajukan pledoi, pada saatnya sidang berikut, karena tuntutan tersebut tidak sesuai dengan bukti-bukti yang ada," kata Mulyadi.

Baca selengkapnya di sini.

(idh/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT