Film Pengkhianatan G30S PKI: Durasi hingga Ringkasan Film

ADVERTISEMENT

Film Pengkhianatan G30S PKI: Durasi hingga Ringkasan Film

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 17:55 WIB
Film Pengkhianatan G30S PKI: Informasi hingga Ringkasan Film
Film Pengkhianatan G30S PKI: Informasi hingga Ringkasan Film | Foto: Ilustrator: Edi Wahyono
Jakarta -

Film Pengkhianatan G30S PKI adalah film yang mengisahkan tentang peristiwa sejarah pemberontakan Gerakan 30 September 1965 oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) atau disebut dengan peristiwa G30S/PKI. Hingga kini film ini masih menuai kontroversi berupa pro kontra terkait isi filmnya.

Simak informasi seputar film Pengkhianatan G30S PKI berikut ini.

Informasi Film Pengkhianatan G30S PKI

Film Pengkhianatan G30S PKI adalah film yang mengisahkan peristiwa gerakan dan kudeta politik di Indonesia oleh PKI. Peristiwa tersebut disebut peristiwa pemberontakan G30S/PKI. Film G30S PKI berapa jam? Film Pengkhianatan G30S PKI yang disutradarai oleh Arifin C. Noer ini memiliki durasi selama 3 jam 40 menit.

Berikut ini informasi tentang film Pengkhianatan G30S PKI, seperti dikutip dari laman Film Indonesia.

  • Judul Film: Pengkhianatan G30S/PKI
  • Sutradara: Arifin C. Noer
  • Tahun Rilis: 1984
  • Durasi Film: 3 jam 40 menit
  • Penulis: Arifin C. Noer (skenario) dan Nugroho Notosusanto (cerita)
  • Daftar Pemeran:
    - Amoroso Katamsi berperan sebagai Mayjen Soeharto
    - Umar Kayam berperan sebagai Presiden Sukarno
    - Syubah Asa berperan sebagai DN Aidit
    - Bram Adrianto berperan sebagai Kolonel Untung
    - Rudy Sukma berperan sebagai AH Nasution
    - Ade Irawan berperan sebagai Ny AH Nasution
    - Keke Tumbuan berperan sebagai Ade Irma Suryani
    - Didi Sadikin berperan sebagai Sarwo Edhie Wibowo
    - Wawan Wanisar berperan sebagai Kapten Pierre Tendean
Film Pengkhianatan G30S PKI: Informasi hingga Ringkasan FilmFilm Pengkhianatan G30S PKI: Informasi hingga Ringkasan Film | Foto: (Ibnu/detikcom)

Ringkasan Film Pengkhianatan G30S PKI

Dirangkum dari berbagai sumber seperti dari laman Film Indonesia serta wawancara dengan istri sutradara Arifin C Noer, Jajang C Noer. Berikut informasi tentang ringkasan film Pengkhianatan G30S PKI.

Film yang lebih dikenal dengan judul 'Pengkhianatan G30S/PKI' atau 'Film G30S/PKI' ini sebenarnya berjudul lengkap 'Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI'. Film Pengkhianatan G30S PKI dibuat pada tahun 1982 dan diproduksi oleh perusahaan Perum Produksi Film Nasional (PPFN).

Sinopsis film Pengkhianatan G30S PKI mengisahkan sebuah dokudrama yang dibuat dengan sangat detail dan meyakinkan dari sudut pandang tertentu. Kisahnya sama seperti kisah "resmi" mengenai peristiwa kudeta seputar 30 September 1965 yang dilakukan oleh Kol. Untung, Komandan Batalyon Cakrabirawa. Tujuh jenderal terbunuh. Tampil pula Mayjen Soeharto sebagai penyelamat.

Pada September 1998, Menteri Penerangan Letjen TNI Yunus Yosfiah di era Presiden BJ Habibie memutuskan bahwa film Pengkhianatan G30S PKI tidak akan diputar atau diedarkan lagi. Hal ini karena film Pengkhianatan G30S PKI berbau rekayasa sejarah dan mengkultuskan seseorang yakni Presiden Soeharto.

Seberapa Akurat Film Pengkhianatan G30S PKI?

Sejarawan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Asvi Warman Adam hingga istri sutradara Arifin C. Noer, Jajang C. Noer, pernah mengomentari akurasi sejarah dalam film Pengkhianatan G30S PKI. Berikut ini poin-poin akurasi dalam film Pengkhianatan G30S PKI sebagaimana dirangkum detikcom.

  • Penyiksaan para Jenderal dinilai tidak akurat dengan kejadian sebenarnya berdasarkan hasil pemeriksaan tim forensik.
  • Penggambaran Pemimpin PKI DN Aidit digambarkan sebagai perokok berat tidak sesuai dengan faktanya bahwa Aidit bukan perokok.
  • Peta Indonesia dalam film digambarkan Timor Timur telah masuk Indonesia padahal latar peristiwa sebenarnya kala itu Timor Timur belum masuk Indonesia.
  • Penggambaran lokasi Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma dikesankan menjadi sarang PKI dan dekat dengan Lubang Buaya di Pondok Gede padahal lokasi sebenarnya berjauhan.
  • Film ini juga dirasa terlalu menyudutkan TNI Angkatan Udara dan diminta agar tidak ditayangkan lagi di televisi.

Demikian informasi seputar film Pengkhianatan G30S PKI yang menggambarkan peristiwa G30S/PKI pada tanggal 30 September 1965 silam.

Simak juga video 'Usulan Pendirian Dewan Sejarah Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT